Kecam KTT Demokrasi AS, China: Bisa Picu Perpecahan

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 11:37 WIB
KTT Demokrasi AS. (REUTERS/Leah Millis)
KTT Demokrasi AS. (REUTERS/Leah Millis)

Summit for Democracy atau KTT Demokrasi yang digagas oleh pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah diselenggarakan pada Kamis-Jum'at (9-10/12/2021).

Pertemuan ini melibatkan pemerintah, masyarakat sipil, serta sektor swasta, yang akan mengkonfirmasi pembaharuan demokrasi dan mengatasi ancamannya.

Lebih dari 100 perwakilan negara diundang pada acara tersebut. China, salah satu pesaing AS, tidak dapat undangan untuk menghadiri KTT Demokrasi yang diselenggarakan selama dua hari itu.

Baca juga: Undang Taiwan ke KTT Demokrasi, China: AS Cari Masalah

Dilansir CGTN, Kementerian Luar Negeri China, pada hari Sabtu mengecam KTT Demokrasi yang diadakan oleh Amerika Serikat itu.

"KTT yang diadakan AS bertujuan untuk memicu perpecahan dan konfrontasi, mentransfer kontradiksi domestik negara itu, dan mempertahankan dominasi dunia AS," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Luar Negeri China juga mengatakan bahwa langkah AS bertentangan dengan tren sejarah. Mereka juga menambahkan bahwa masyarakat internasional pada umumnya menentang apa yang disebut KTT Demokrasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X