Para Dukun Gelar Ritual Puter Giling di Tengah Laut, Minta KRI Nanggala Segera Ditemukan

- Sabtu, 24 April 2021 | 14:50 WIB
Para dukun yang terhimpun Persatuan Dukun Nusantara melakukan ritual untuk KRI Nanggala-402. (IG/Infokediriraya)
Para dukun yang terhimpun Persatuan Dukun Nusantara melakukan ritual untuk KRI Nanggala-402. (IG/Infokediriraya)

Para dukun beraksi untuk turut serta mencari kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan hilang di perairan Bali pada Rabu (21/4/2021) kemarin.

KRI Nanggala-402 membawa 53 orang kru. Terdiri dari seorang komandan satuan, 3 personel arsenal, dan 49 anak buah kapal (ABK), diyakini tidak mampu bertahan setelah pasokan udara dalam kapal habis hari ini.

Dukun terhimpun dalam Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) menyelenggarakan ritual di tengah laut sambil komat kamit mereka meminta 'pemilik laut' untuk mengembalikan KRI Narnggala dan awak kapal dalam keadaan hidup.

"Para dukun berdoa untuk korban kapal selam. Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) ikut serta pencarian kapal selam Nanggala 402 di Selat Bali. #Prayfornanggala402," tulis akun Instagram Infokediriraya seperti yang dikutip Indozone, Sabtu (24/4/2021).

Seperti dalam video yang terlihat para dukun tersebut berdoa sambil membacakan surat Al-fatihah dan berzikir meminta untuk KRI Nanggala bisa ditemukan.

-
Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) menggelar ritual untuk KRI Nanggala-402. (IG/Infokediriraya)

 

"Kita melakukan ritual puter giling yang dilakukan oleh Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu), mengucapkan terima kasih kepada sesepuh sekalian. Pak Ketua, Pak Sekjen yang sudah hadir pada kesempatan ini," ujar seorang dukun.

Rangkaian acara ritual itu dilakukan mulai pagi hingga sore akan ditutup dengan melarungkan media atau wasilah.

"Kita mohonkan kepada Allah, mudah-mudahan melalui wasilah ini mudah-mudahan segera terdeteksi kapal selam KRI Nanggala-402 dan semuanya selamat sesuai dengan keinginan kita," sebutnya.

Tidak hanya itu para dukun itu meyakini acara ritual mereka bisa mendobrak pintu langit hingga yang maha kuasa bisa merubah takdir hingga kapal selam bisa ditemukan dan kembali ke permukaan.

-
Daftar kru yang hilang dalam KRI Nanggala-402. (EPA)

 

"Kita tau ini sudah ditakdirkan oleh Allah SWT, tetapi kita mohon dengan sunguh-sungguh. Hari ini kita bukan mengetuk tapi mendobrak pintu Arsh. Kita dobrak pintu langit, mudah-mudahan Allah mau merubah takdir ini dan ketemunya kapal ini," kata dukun tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono menyatakan, fokus pencarian keberadaan kapal selam KRI Nanggala-402 saat ini di dekat Celukan Bawang, bagian utara Bali.

"Fokus pencarian di sekitar Celukan Bawang, bagian utara Bali," kata Kadispenal ketika dikonfirmasi dari Jakarta.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X