Sebut Nama Vanessa Angel, Korlantas Polri Ingatkan Masyarakat Jangan Ngebut saat Mudik

- Rabu, 6 April 2022 | 22:01 WIB
Ilustrasi kendaraan mudik di jalan tol. (INDOZONE/Fahmy Fotaleno)
Ilustrasi kendaraan mudik di jalan tol. (INDOZONE/Fahmy Fotaleno)

Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menyebut nama publik figur Vanessa Angel saat mengingatkan masyarakat yang akan melakukan mudik pada Lebaran tahun ini.

Ia tidak ingin dalam arus Lebaran 2022 ada kecelakaan yang mengakibatkan nyawa hilang, akibat ngebut saat berkendara melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan, yakni di atas 100 kilometer/jam. 

"Kami tidak berharap ada seperti lagi seperti Vanessa Angel yang lain. Atau saudara kita yang mengalami kecepatan seperti itu," ujar Firman dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

-
Vanessa Angel. (Instagram/@vanessaangelofficial)

 

Dia mengatakan, apabila mengacu undang-undang, jalan tol sudah dirancang atau didesain agar kendaraan melintas hanya dengan kecepatannya hanya 100 km/jam.

Baca juga: Jokowi: Jumlah Pemudik Tahun Ini Diperkirakan 85 Juta Orang

Cerita Pengalaman

Bahkan dia mengaku pernah melakukan uji coba membawa kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Timur. Kendaraan yang dinaikinya melaju dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam. 

"Ketika di (daerah) Jawa Tengah agak lelah pengen sampai saya coba agak kenceng sedikit suasana hujan mobil saya itu goyang," cerita Firman. 

Oleh sebab itu, Firman mengimbau kepada masyarakat atau pemudik untuk bisa mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan tol, khususnya batas kcepatan maksimal. 

"Kami tidak ingin terjadi sehingga kami memberanikan diri untuk memastikan patuhi rambu maksimal 100 itu adalah jarak yang paling aman dan di desain untuk itu sesuai yang disampaikan oleh pak menteri oleh rambu-rambunya," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X