Nadiem Makarim Bikin Sri Mulyani Minder saat Pelantikan Kabinet

- Selasa, 29 Oktober 2019 | 16:28 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). (Antara/Wahyu Putro A)
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). (Antara/Wahyu Putro A)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengaku sempat minder ketika bersebelahan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, ketika momen pelantikan Kabinet Indonesia Maju. 

Sri Mulyani tak percaya diri bersanding dengan mantan bos Gojek itu karena faktor usia. Dia mengaku terlalu tua ketika melihat Nadiem menjadi menteri pada umur 35 tahun. 

"Sebelah saya menteri muda. Nadiem. Saya merasa so old now," kata Sri Mulyani di depan jajaran Kemenkeu ketika menjadi keynote speaker acara bincang kebangsaan, di aula Dhanapala, Komplek Kemenkeu, Jakarta, Selasa (29/10). 

Namun demikian, ada satu hal yang menjadi pelajaran dari sosok muda seperti Nadiem. Sri Mulyani menilai pola pikir tentang perubahan dan inovasi, membuat Nadiem tidak bisa dipandang sebelah mata. 

"Saya diskusi dengannya. Kita banyak dengarkan apa yang dia pikirkan soal perubahan. Itu proses bahwa memang perubahan adalah sebuah keniscayaan dan kita akan tenggelam tanpa perubahan dan inovasi," tutur Sri Mulyani. 

Sri Mulyani mengaku mendapat inspirasi ketika berdiskusi ringan dengan Nadiem. Pola-pola di Kemenkeu wajib diubah sesuai kemajuan zaman. Salah satunya menginstruksikan jajaran eselon di kementeriannya untuk tidak lagi menggunakan kertas pada saat rapat. 

"Kita harus berubah. Tahun lalu saya perintahkan jangan ada lagi botol minum plastik saat rapat. Sekarang sudah tidak ada. Bukan hanya soal lingkungan saja, tetapi bagaimana kita mau berubah," tutur Sri Mulyani. (SN)

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X