Rekor Dunia! Dokter di Jerman Cabut Gigi Terpanjang dalam Sejarah

- Senin, 4 November 2019 | 14:24 WIB
photo/CEN/Dr. Max Lukas/Electric Teeth
photo/CEN/Dr. Max Lukas/Electric Teeth

Seorang dokter gigi di Jerman, Max Lukas, dianugerahi piagam rekor dunia dari Guinness World Record karena berhasil mencabut gigi terpanjang dalam sejarah.

Dokter Lukas mencabut gigi sepanjang 3,71 centimeter itu dari seorang pasien asal Kroasia bernama Mijo Vodopija. Awalnya, Vodopija merasakan kesakitan parah di tahun 2018 lalu.

-
CEN/Dr. Max Lukas

Ia sudah mengatasi rasa sakit itu dengan minum obat. Namun, sakit itu tak kunjung sembuh, hingga akhirnya giginya harus segera dicabut.

Dari hasil rekaman sinar X, rahang atas Vodopija tampak membengkak karena ada gigi yang berukuran besar. Setelah gigi itu dicabut, barulah Vodopija lega karena sakitnya langsung hilang.

Dibutuhkan waktu sekitar 1 tahun untuk memverifikasi dokumen dan hasil-hasil pemeriksaan valid kepada pihak Guinness World Record. Hingga akhirnya, gigi itu diakui sebagai gigi terpanjang dalam sejarah.

-
CEN/Dr. Max Lukas

Dokter Lukas menerima sertifikat rekor dunia itu pada Selasa, 29 Oktober 2019 lalu. Ia berniat akan memajang gigi itu di tempat praktiknya.

Sebelumnya, rekor gigi terpanjang dipegang oleh Jaimin Patel, dokter asal India. Ia mencabut gigi sepanjang 3,67 centimeter dari seorang siswa berusia 18 tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X