Kentut Pria Ini Katanya Bisa Membunuh Nyamuk, Benarkah?

- Jumat, 13 Desember 2019 | 14:20 WIB
Uganda Global News
Uganda Global News

Beberapa hari terakhir ini, seorang pria bernama Joe Rwamirama (48) tengah menjadi pemberitaan sejumlah media internasional. Joe yang berasal dari Kampala, Uganda ini diberitakan punya aroma kentut "mematikan".

Saking mematikannya, dia sampai dibayar oleh perusahaan obat nyamuk untuk mengkomersialkan aroma kentutnya. Joe mengklaim aroma kentutnya bisa membunuh nyamuk dalam jarak 6 meter. Dia juga sering membantu warga mengusir nyamuk.

"Saya makan makanan biasa seperti orang lain tapi tidak ada serangga yang bisa mendarat di kaki saya, bahkan terbang," ujar Joe dalam wawancaranya dengan talkofnaija.com.

-
Newshub

Namun, informasi mengenai Joe dan kentutnya ini dipastikan hoax. Dilansir dari Snopes, berita yang menyebar luas ini pada awalnya berasal dari sebuah situs parodi berbahasa Afrika, yaitu Ihlayanews

"Situs ini mencantumkan disclaimer 'nuusparodie waarvan jy hou', yang artinya 'berita parodi yang Anda suka" dalam bahasa Afrika," tulis Snopes.

Snopes juga menelusuri sejumlah artikel di situs ini dan memang kebanyakan tidak lebih dari satire dan lelucon semata. Akun Facebook Ihlayanews juga mencantumkan bahwa mereka adalah situs berita parodi dan satire.

Ihlayanews membuat disclaimer bahwa artikel mereka kebanyakan fiksi dan ditujukan untuk pembaca dewasa yang menyukai humor gelap. Ihlayanews juga bersedia "baku hantam" dengan orang yang merasa dipojokkan atau tidak suka dengan artikel mereka.

Berita dari Ihlayanews kemudian disadur oleh Newsbreak dan Talk of NAIJA. Dari sinilah, berita palsu itu menyebar ke UK, Eropa, Amerika, dan Asia.

-
Snopes

Foto di atas juga bukan foto Joe, namun foto yang diambil oleh fotografer bernama Olivia Acland di Kongo dan dipublikasikan oleh Reuters. Foto ini memperlihatkan saat seorang petugas kesehatan melakukan pengecekan Ebola terhadap seorang pria di sebuah rumah sakit di Kongo, 15 Juli 2019.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X