Liburan Natal dan Tahun Baru 2020, Ini Titik Macetnya

- Jumat, 13 Desember 2019 | 16:18 WIB
Ilustrasi jalanan yang macet (Antara/Galih Pradipta)
Ilustrasi jalanan yang macet (Antara/Galih Pradipta)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono menyampaikan prediksi titik macet saat libur Natal dan Tahun baru 2020. Diprediksi terdapat enam wilayah rawan macet di seluruh Indonesia saat libur Natal dan Tahun Baru 2020. 

"Dua dari enam titik macet itu berada di Sumatra Utara, yakni Medan dan Brastagi. Juga ada di daerah Jawa Barat, kemudian ada ke arah puncak di Bogor, daerah Lembang Bandung, dan juga ke arah Merak," ucapnya di Jakarta, Jumat (13/12).

Menurutnya, kemacetan di enam titik itu karena jalan yang sempit. Selain itu, fenomena pasar tumpah juga menjadi pemicu kemacetan.

"Terkait dengan adanya rawan macet, rawan pelanggaran lalu lintas, tentunya akan kita pertebal pengamanan personel, di daerah rawan macet. Tentunya ini menjadi fokus untuk pihak Kepolisian dan TNI dan dengan pihak lain," ungkapnya.

Dia meminta pemudik Natal dan Tahun Baru 2020 berhati-hati selama melintas jalan tol rawan kecelakaan. Seperti Tol Cikampek, kemudian ada Cileungsi, karena tol-tol itu memiliki jalan lurus dan panjang. 

"Jalan ini kerap kali membuat pengemudi terlena. Sehingga bisa kantuk dan menyebabkan kecelakaan. Itu sudah kita tinjau kemarin," ujarnya.

Dia menyarankan pengemudi beristirahat ketika lelah. Tempat peristirahatan atau rest area banyak tersebar di tol.

"Ada beberapa anggota yang mengamankan di sana. Manfaatkan fasilitas di sana, seperti makan, bengkel, kesehatan," katanya.

Argo mengatakan sebanyak 198.807 personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, kesehatan, Dishub siap mengamankan Natal dan Tahun Baru 2019. Mereka bakal berjaga di sejumlah tempat. Pengamanan ini bagian dari Operasi Lilin 2019. Operasi dilaksanakan pada 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020.

"Personel bakal berjaga di tempat-tempat pariwisata, terminal, stasiun, dan bandara. Ini merupakan operasi kemanusiaan. Jadi, semua potensi TNI dan Polri kami berdayakan menghadapi operasi ini," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X