Kebijakan Baru, Paskibraka Putri Nasional 2019 Pakai Celana Panjang

- Senin, 29 Juli 2019 | 10:06 WIB
photo/Dok. Setkab
photo/Dok. Setkab

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mengganti seragam anggota putri Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 dari yang sebelumnya menggunakan rok menjadi celana panjang. Hal itu dilakukan demi memudahkan baris-berbaris.

Penggunaan celana panjang oleh anggota putri Paskibraka Nasional 2019 semakin diperkuat dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 71 Tahun 2018 tentang Tata Pakaian pada Upacara Kenegaraan dan Acara Resmi.

Tidak hanya dalam Perpres, aturan pengenaan celana panjang ini juga terdapat pada Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pakaian Dinas dan Peraturan Menteri Pertahanan RI Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pakaian Seragam.

"Jadi hal ini jangan lagi disalahartikan oleh publik karena sesuai aturan tersebut, anggota Paskibraka putri dimungkinkan mengenakan celana panjang, terutama mereka yang berjilbab," kata Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Ni'am Sholeh dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (29/7).

Sebelumnya, Asrorun mengatakan kebijakan baru ini adalah bagian mekanisme penyeragaman. "Selama ini, anggota putri Paskibraka pakai rok, lalu ditarik dengan kaos kaki. Tapi, tahun ini kita gunakan celana panjang," kata Asrorun di Jakarta, Sabtu (27/7).

Menanggapi beberapa tanggapan sebagian masyarakat yang mencibir kebijakan itu, Asrorun memaklumi karena bisa jadi masyarakat masih kurang memahami landasan aturan itu secara utuh.

"Apalagi memperoleh informasinya kurang utuh, plus ada yang masih sensi. Dengan penjelasan ini idealnya bisa memahami. Ayo sama-sama kita dukung persiapan Diklat Paskibraka agar dapat menjalankan tugas secara sempurna. Jangan ganggu dengan isu-isu yang kontraproduktif," kata dia.

Sebagai catatan, Kemenpora telah menjaring 68 orang untuk mengisi formasi Paskibraka 2019. Kini, para Paskibraka tengah menjalani pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPON) Cibubur, mulai 26 Juli hingga 23 Agustus 2019.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X