Arab Saudi Bantah Laporan PBB Soal Kasus Jurnalis Jamal Khashoggi

- Kamis, 20 Juni 2019 | 17:26 WIB
Arabian Bussniness
Arabian Bussniness

Menteri Luar Negeri Arab, Adel al-Jubeir menolak laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyebutkan bahwa ada bukti kredibel bahwa Pangeran Arab, Mohamed bin Salman dan pejabat Arab lainnya terlibat dalam kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

"Bukan hal baru... Pelapor di Dewan HAM mengulangi dalam laporan tak mengikat miliknya apa yang telah dipublikasi dan diedarkan di media," ujar Menlu Adel al-Jubeir.

Adel juga menegaskan bahwa laporan tersebut merupakan tuduhan tak berdasar. "jelas memuat kontradiksi dan tuduhan tak berdasar yang meragukan kredibilitasnya", ujarnya.

Sebelumnya, Agnes Callamard, pelapor khusus PBB untuk masalah ekstra yudisial, menyimpulkan bahwa pembunuhan Khashoggi disengaja dan direncanakan tetapi tidak menyimpulkan tentang rasa bersalah.

Callmard mengaku bahwa Laporannya berdasarkan pada rekaman dan hasil kerja forensik yang dilakukan oleh penyelidik Turki serta informasi dari persidangan para tersangka di Arab Saudi.

Menurut Adel, pengadilan tersebut seharusnya ditangguhkan, mengutip kekhawatiran atas persidangan rahasia dan potensi hilangnya keadilan. Adel juga menolak upaya apapun untuk memengaruhi pengadilan atau menghilangkannya dari proses hukum Arab Saudi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X