Arab Saudi Izinkan Penambahan Militer Amerika Serikat
Raja Salman. (Reuters/Mohamed Abd El Ghany)
News

Arab Saudi Izinkan Penambahan Militer Amerika Serikat

Paska serangan terhadap kilang minyak.

Minggu, 13 Oktober 2019 09:44 WIB 13 Oktober 2019, 09:44 WIB

INDOZONE.ID - Arab Saudi mengizinkan penambahan personel dan persenjataan militer Amerika Serikat di negeri penghasil minyak tersebut. Hal ini dipastikan setelah Raja Salman dan Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman menyetujui penambahan ini. 

Dilansir Reuters dari SPA, Minggu (13/10), izin penambahan ini terkait dengan serang yang dilakukan terhadap kilang dan fasilitas pengolahan minyak milik Pemerintah Arab Saudi bulan lalu.

Amerika Serikat sendiri mengumumkan, pihaknya akan mengerahkan sekitar 3.000 tentara tambahan ke Arab Saudi, termasuk di dalamnya skuadron pesawat tempur, satuan angkutan udara militer, hingga personel pertahanan udara. 

Penambahan pasukan dan peralatan tempur ini, sekaligus untuk mengantisipasi ketegangan yang terjadi dengan Iran. Presiden Donald Trump mengungkapkan, biaya seluruh penambahan kekuatan militer Amerika Serikat ini ditanggung oleh Arab Saudi.

donald trump, menteri pertahanan amerika serikat, militer
Presiden Donald Trump diapit Menteri Pertahanan Mark Esper dan Chairman of The Joint Chiefs of Army Jenderal Mark Milley, (Reuters/Kevin Lamarque)

Sebelumnya, dua kilang minyak dan fasilitas pengolahan minyak Arab Saudi diserang oleh pesawat tanpa awak pada 14 September dinihari. Akibatnya, produksi minyak mentah Arab Saudi menurun hingga 50 persen.

"Akibat serangan, jumlah produksi minyak mentah berkurang sebesar 5,7 barel per hari, setengah dari produk harian kerajaan. Serangan juga sempat membuat produk di Pabrik Abqaiq dan Khurais sementara dihentikan," kata Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman seperti dirilis SPA pada 15 September lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Fauzi Iyabu
fauzi

Fauzi

Writer
Fauzi Iyabu

Fauzi Iyabu

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU