Dunia Dilanda Krisis Kondom Gara-gara Lockdown Corona
Seorang pekerja melakukan tes kondom di pabrik kondom Karex Malaysia di Pontian. (photo/REUTERS/Bazuki Muhammad)
News

Dunia Dilanda Krisis Kondom Gara-gara Lockdown Corona

Sabtu, 28 Maret 2020 20:23 WIB 28 Maret 2020, 20:23 WIB

INDOZONE.ID - Akibat kebijakan Malaysia yang telah memberlakukan lockdown karena corona, menyebabkan dunia tengah dilanda krisis atau kekurangan kondom.

Pasalnya, produsen alat kontrasepsi terbesar di dunia, yakni Karex Berhad yang ada di negeri melayu itu terpaksa menghentikan produksinya.

Perusahaan Karex Berhad (KARE.KL) merupakan produsen dari setiap lima kondom global. Setelah diberlakukannya lockdown, perusahaan itu belum menghasilkan satu kondom pun dari tiga pabriknya selama lebih dari seminggu.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (28/3/2020), Kepala Eksekutif Karex Berhad, Goh Miah Kiat mengatakan bahwa perusahaannya telah diberikan izin memulai produksi pada Jumat (27/3/2020).

Namun, hanya 50% dari tenaga kerjanya yang diperbolehkan bekerja.

"Ini akan memakan waktu untuk memulai pabrik dan kami akan berjuang untuk memenuhi permintaan dengan kapasitas setengahnya," kata Goh Miah Kiat.

"Kita akan melihat kekurangan global kondom di mana-mana, yang akan menakutkan. Kekhawatiran saya adalah bahwa untuk banyak program kemanusiaan di Afrika, kekurangannya bukan hanya dua minggu atau sebulan. Kekurangan ini bisa berlangsung berbulan-bulan," tambahnya.

Di samping itu, negara penghasil kondom utama lainnya adalah Tiongkok, India dan Thailand.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
M. Rio Fani
Zega

Zega

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US