DPRD DKI Minta Pemprov Lakukan Perbaikan Pompa untuk Tangani Banjir

- Senin, 26 Oktober 2020 | 10:17 WIB
Warga melintasi banjir di kawasan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Warga melintasi banjir di kawasan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh memberikan beberapa langkah atau upaya yang dianggap penting untuk diprioritaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menangani banjir.

Pasalnya, dalam tahun ini, Pemprov DKI hanya tersisa kurang lebih tiga bulan untuk menggunakan anggaran dengan baik dalam mengatasi masalah banjir yang mulai sudah terjadi di ibu kota.

Oleh sebab itu, langkah pertama yang penting untuk dilakukan Pemprov DKI menurut politisi Nasdem ini adalah memperbaiki pompa-pompa air yang telah rusak. Hal ini dirasanya harus segera ditindak oleh dinas terkait.

"Pemprov harus memikirkan mana yang urgent, kalau saya bilang sih pertama masalah pompa, yang rusak diganti," ucap Nova kepada Indozone, Senin (26/10/2020).

"Terus bagaimana yang sudah dilakukan selama ini, grebek lumpur, mengangkat sedimentasi yang ada di Sungai Ciliwung, melalui beko-beko," tambahnya.

Selain itu, Nova pun meminta agar Pemprov DKI mengutamakan penanganan banjir pada 8 wilayah yang dianggap rawan, seperti Cengkareng Timur, Cengkareng Barat, Duri Kosambi, Kapuk, Kedaung Kaliangke, Kembangan Utara, Rawa Buaya, dan Semanan.

"Kayak kemarin 8 wilayah yang rawan banjir, itu difokusin dulu di daerah itu. Yang penting juga bagaimana evakuasi warganya ketika banjir, harus mematuhi protokol kesehatan. Harus ada alokasi-alokasi tempatnya mau di mana," tutup Nova.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X