Bukan Sihir, Video Ratusan Warga Suku Bugis Pindahkan Rumah dalam Tradisi Mappalette Bola

- Sabtu, 11 Juli 2020 | 22:33 WIB
Cuplikan momen saat warga Bugis memindahkan rumah dalam tradisi Mappalette Bola. (Foto: Istimewa)
Cuplikan momen saat warga Bugis memindahkan rumah dalam tradisi Mappalette Bola. (Foto: Istimewa)

Usai heboh seorang warga di Ngawi yang memindahkan rumahnya seorang diri hanya dalam waktu satu malam, kini beredar video yang menampilkan ratusan warga di Sulawesi Selatan, memindahkan rumah adat Bugis. 

Tak seperti cerita dari Ngawi yang diduga mistis, pemindahan rumah warga di Sulawesi Selatan ini sama sekali bukan sihir. Justru, memindahkan rumah sudah menjadi tradisi dalam adat Suku Bugis, yang bernama Mappalette Bola.

Dalam sebuah video yang viral, ratusan warga yang ikut memindahkan rumah itu terdiri dari pria, baik muda maupun tua. Mereka terlihat begitu bersemangat dan tidak sekalipun berhenti sebelum sampai di titik yang dituju.

Dari literatur yang ada, tradisi pemindahan rumah dalam adat Bugis seperti ini biasanya dilakukan manakala si pemilik rumah menjual rumahnya tapi tidak dengan tanahnya.

Rumah yang dapat dipindahkan tentu saja bukan rumah pada umumnya yang dibangun di atas tanah secara permanen, melainkan rumah adat suku Bugis yang memiliki tiang-tiang kayu penyangga di bawahnya.

Tidak asal memindahkan begitu saja, masyarakat adat Bugis akan berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan Mappalette Bola.

Sementara para pria bekerja keras mengangat rumah, para perempuan bugis akan menyiapkan makanan yang akan disantap bersama-sama setelah pemindahan rumah selesai.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_inffo) on

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X