Ini Gli dan Kizim, Dua Kucing Penghuni Hagia Sophia, Situs Dunia yang Bakal Jadi Masjid

- Senin, 13 Juli 2020 | 18:00 WIB
Gli dan Kizim. (Instagram @hagiasophiacat)
Gli dan Kizim. (Instagram @hagiasophiacat)

Baru-baru ini, Presiden Turki Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa situs warisan dunia yang ada di negara itu, Hagia Sophia, akan difungsikan kembali sebagai masjid.

Kebijakan itu menyulut berbagai reaksi dunia. Sebab sejak 1935 silam, Hagia Sophia ditetapkan sebagai museum oleh Presiden Turki kala itu, Kemal Ataturk. Lalu, Hagia Sophia juga ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada 1985.

Sebelumnya, Hagia Sophia memang sudah pernah dijadikan masjid setelah awalnya merupakan gereja.

Namun terlepas dari perdebatan tentang status situs tersebut, ada hal menarik yang harus diketahui.

Di Hagia Sophia, terdapat dua ekor kucing yang dikenal sebagai penghuni tetap. Satu di antaranya bernama Gli, jenis Europian shorthair dan berjenis kelamin betina.

Gli diketahui telah hidup selama 14 tahun di Hagia Sophia. Kucing itu sudah seperti ikon tersendiri. Bahkan, mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama juga pernah menemui Gli saat berkunjung ke Turki beberapa tahun lalu.

Sebenarnya, Gli tidak sendiri hidup di situs yang juga bernama Ayasofya itu. Dia memiliki saudara yang bernama Kizim, seekor kucing yang juga berjenis kelamin betina.

Namun, Kizim kalah populer dibanding Gli. 

Untuk menghormati kedua kucing penghuni Hagia Sophia tersebut, seseorang bahkan sampai membuatkan mereka akun Instagram sendiri, yakni @hagiasophiacat.

Simak foto-foto mereka berikut:

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gli The Hagia Sophia Cat (@hagiasophiacat) on

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X