Pengamat Intelijen Nilai Penunjukan Listyo Sigit sebagai Kapolri Hal yang Tepat

- Kamis, 14 Januari 2021 | 13:35 WIB
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA/Nova Wahyudi)
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA/Nova Wahyudi)

Presiden Joko Widodo memilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Pengamat intelijen memandang pemilihan Listyo Sigit sebagai Kapolri sangat tepat karena situasi keamanan saat ini memerlukan pimpinan sepertinya.

"Sigit Prabowo merupakan sosok tepat menjadi pimpinan Polri yang dibutuhkan sesuai dengan situasi kebangsaan hari ini," kata pengamat intelijen dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, Listyo Sigit yang memiliki basic penenggakkan disiplin terhadap anggota Polri sangat dibutuhkan untuk menjadi pimpinan Polri. Sebab, dia menyebut tantangan Polri terkait keamanan ke depan akan berbeda dengan saat ini.

"Sosok Komjen Sigit yang tegas dan profesional sangat cocok dengan situasi saat ini dan tantangan bangsa ke depan apalagi Sigit pernah bertugas sebagai Kadiv Propam dan Kabareskrim berpengalaman dalam penegakan profesionalisme Polri dan penegakan hukum," beber Ngasiman.

Lebih jauh dia menyebut poin plus Listyo Sigit adalah dekat dengan masyarakat dan para ulama. Hal itu terlihat saat Listyo menjabat sebagai Kapolres Pati.

"Begitu juga waktu menjabat Kapolda Banten, beliau rajin bersilaturahmi dengan para Kiai pengasuh Pesantren dan Ulama di Banten. Khususnya Pengasuh Pondok Pesantren Tanara KH Ma'ruf Amin yang waktu itu menjabat sebagai Ketum MUI dan Rais Aam PBNU dan juga silaturahmi ke KH Abuya Muhtadi Dimyathi di Cidahu Banten," kata Ngasiman.

"Sosok Komjen Sigit ini sangat akrab di kalangan pesantren dan Ulama, perbedaan tidak menghalangi untuk selalu meminta nasehat dari para kiai di manapun beliau memimpin kepolisian," sambungnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri untuk menjadi Kapolri. Dia akan menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri yang memasuki masa pensiun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X