Tingkatkan Uji PCR Corona, Pemprov DKI Tambah Laboratorium Kontainer

- Rabu, 3 Juni 2020 | 14:41 WIB
Petugas kesehatan menunjukkan hasil tes PCR Covid-19. (INDOZONE/Febio Hernanto)
Petugas kesehatan menunjukkan hasil tes PCR Covid-19. (INDOZONE/Febio Hernanto)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah laboratorium satelit di dalam kontainer yang berlokasi di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit, Jakarta Timur.

Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta milik Pemprov sebelumnya telah membangun laboratorium darurat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu dengan kapasitas 200 tes per hari. 

Kepala Labkesda DKI Jakarta, Endra Muryanto, mengatakan laboratorium kontainer yang telah beroperasi sejak 9 April 2020 tersebut merupakan upaya menambah kapasitas internal Labkesda DKI yang juga memiliki kapasitas sekitar 200 tes per hari di laboratorium utamanya. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LABKESDA PROVINSI DKI JAKARTA (@labkesdadki) on

Sejauh ini, dia mengungkap bahwa laboratorium kontainer keduanya di RSKD Duren Sawit ini belum resmi beroperasi walaupun telah berdiri. 

"Benar (masih kosong). Tenaga volunteernya lagi latihan dulu. Yang lama sudah pada kerja yang di Pasar Minggu. Jadi ada orang baru, sedang kita latih dulu," kata Endra di Jakarta, Rabu (3/6/2020). 

Endra menyampaikan, bahwa rencananya kapasitas laboratorium darurat di RSKD Duren Sawit ini juga memiliki rata-rata 200 tes per hari. Sehingga secara total Labkesda DKI bisa membantu pengetesan PCR Covid-19 capai 600-700 sampel.

"Mudah-mudahan akhir minggu ini sudah bisa terisi, Insya Allah bisa membantu menambah kapasitas (pengetesan Covid-19) kita di Jakarta," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X