Menteri Edhy Sebut Satu Ekor Lobster Bisa Hasilkan Sejuta Telur

- Selasa, 7 Juli 2020 | 00:56 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo memaparkan kebijakan terkait cantrang dan lobster bukanlah kebijakan instan dan tanpa kajian, Kamis (2/7/2020). ANTARA/HO-KKP/pri/am.
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo memaparkan kebijakan terkait cantrang dan lobster bukanlah kebijakan instan dan tanpa kajian, Kamis (2/7/2020). ANTARA/HO-KKP/pri/am.

Belakangan ini Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang mengizinkan ekspor benih lobster sempat mendapatkan kritikan dan penolakan dari sejumlah pihak.

Edhy Prabowo mengatakan bahwa satu ekor lobster bisa menghasilkan hingga sekitar satu juta telur dan potensi itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kesejahteraan rakyat.

"Satu ekor lobster bisa bertelur hingga satu juta," kata Edhy Prabowo dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI, Jakarta, Senin (5/7) dilansir ANTARA.

Menteri Edhy Prabowo memaparkan seandainya lobster ditinggalkan di alam, maka diperkirakan jumlah telur yang bisa mencapai dewasa hanya sekitar 0,2 persen.

Namun, lanjutnya, bila dibudidayakan, maka telur lobster dapat mencapai dewasa hingga sekitar 30 persen.

"Wilayah kita terlalu luas, saya sangat yakin akan menghasilkan nilai ekonomi," kata Edhy Prabowo.

Dirinya juga mengemukakan berbagai kekurangan yang ada akan disempurnakan dan seluruh saran serta masukan bakal menjadi bahan acuan perbaikan ke depannya.

Dalam sejumlah kesempatan sebelumnya Menteri Edhy Prabowo menegaskan bahwa prioritas utama pemerintah adalah mengembangkan budi daya lobster dan bukan ekspor, karena ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mengekspor benih lobster.

"Prioritas pertama itu budi daya, kita ajak siapa saja, mau koperasi, korporasi, perorangan silahkan, yang penting ada aturannya. Pertama harus punya kemampuan budi daya. Jangan tergiur hanya karena ekspor mudah, untungnya banyak," katanya.

Melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12/2020 KKP ingin mendorong kesejahteraan dan meningkatkan pengetahuan nelayan dalam berbudi daya lobster.

Ia mengemukakan bahwa eksportir harus membeli benih lobster dari nelayan dengan harga di atas Rp5.000 per ekor. Harga itu lebih tinggi dibanding ketika masih berlakunya aturan larangan pengambilan benih lobster.

KKP juga mewajibkan eksportir menggandeng nelayan dalam menjalankan usaha budi daya lobster.

Menteri Edhy ingin nelayan tidak hanya mendapat keuntungan ekonomis dari menjual benih lobster, tapi juga mendapat pengetahuan tentang berbudi daya.

"Selain kemampuan budi daya, berkomitmen ramah lingkungan tidak merusak, dan yang paling penting berkomitmen dengan nelayannya sendiri. Dia harus satu garis dan dia harus membina nelayannya sendiri," ujarnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X