Menkeu Nilai Efektivitas Vaksin Pfizer Bawa Sentimen Positif Bagi Ekonomi Dunia

- Selasa, 10 November 2020 | 18:27 WIB
Vaksin COVID-19 dari Pfizer. (Photo/Reuters/Dado Ruvic)
Vaksin COVID-19 dari Pfizer. (Photo/Reuters/Dado Ruvic)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai pengembangan vaksin COVID-19 oleh Pfizer yang terbukti lebih dari 90 persen efektif telah membawa sentimen positif bagi perekonomian di seluruh dunia.

“Kabar tentang vaksin Pfizer memberikan sentimen positif di seluruh dunia,” katanya dalam diskusi daring di Jakarta, seperti yang dilansir dari Antara, Selasa (10/11/2020).

Selain itu, Menkeu juga mengatakan bahwa dari hasil pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) yang dimenangkan oleh Joe Biden turut memberikan sentimen positif. Ia mengatakan di Indonesia tersendiri sentimen positif telah terlihat dengan terjadinya pemulihan pada kuartal III meski masih dalam zona negatif yaitu dari 5,32 persen pada kuartal II menjadi 3,49 persen.

Baca juga: Baru Tiba, Pengakuan Habib Rizieq Mengejutkan, 'Ada Pihak Lain yang Coba Buat Saya Sulit'

Sri Mulyani dalam hal ini juga menjelaskan pemulihan pada kuartal III terjadi mulai dari konsumsi, investasi. Tidak hanya itu, pemulihan itu terjadi juga disebabkan ekspor dan hanya impor yang masih dalam situasi cukup tertekan.

Sementara untuk sektor terdampak COVID-19 sudah mulai menunjukkan pemulihan meski masih di zona negatif seperti dari industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan akomodasi.

“Kita berharap dengan pemulihan ekonomi global dan optimisme penemuan vaksin maka ayunan pembalikan arah ini akan semakin terakselerasi,” ujarnya.

“Tahun depan kita berharap pemulihan akan berjalan di kuartal II dan III dan akan menyumbang pertumbuhan ekonomi minimal 5 persen,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X