Menteri KKP Siap Dukung Budidaya Lobster Sampai Mati, Lawan Ekspor Benur ke Luar Negeri

- Kamis, 25 Maret 2021 | 17:42 WIB
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono dukung budidaya lobster. (Youtube/KKP)
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono dukung budidaya lobster. (Youtube/KKP)

Pernyataan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang akan melawan ekspor benih lobster atau benur menjadi sorotan, menyatakan ada pihak-pihak yang mengekspor benur akan terang-terangan dilawan.

"Jadi ini kalau ada yang mengekspor benur untuk di luar negeri, memperkaya orang luar negeri, saya lawan. Tapi kalau budidaya di sini saya dukung sampai mati," twit Sakti Wahyu Trenggono melalui videonya yang diunggah di Twitter seperti yang dikutip Indozone, Kamis (25/3/2021).

Dalam twitnya itu, Sakti menyatakan bahwa video itu sebagai jejak digital dirinya soal komitmen budidaya lobster di Indonesia.

"Ijin teman2, sebagai jejak digital. Komitmen saya tentang budidaya lobster di Indonesia, dan akan melawan kegiatan ilegal ekspor Benur ketika berdialog dengan nelayan di Pelabuhan Perikanan Teluk Awang, Lombok Tengah, Rabu (24/3). Doakan Istiqomah. Amien," kata Sakti.

Menurut Sakti bibit benur itu merupakan kekayaan Indonesia yang dimana negara lain tidak punya. 

"Masa kita mau jual, kalian mau jadi apa di sini?" katanya dengan tegas.

Menteri tersebut pun menginginkan kalau petani lobster jadi kaya dan sejahtera melalui pembudidayaan benur.

Pernyataan itu pun mendapatkan respon para petani tambak lobster yang menginginkan budidaya lobster di dalam negeri.

"Kita juga tidak boboh memperkayakan negara luar. Kami sebagai masyarakat Indonesia. Kalau kita bisa budidaya pak. Itu yang kita inginkan," kata seorang petani.

Bahkan mantan anggota DPR RI Fahri Hamzah juga menyambut baik kebijakan budidaya lobster dalam negeri dan menghentikan ekspor benur.

"Terima kasih pak Menteri yg telah memberikan jalan terang bagi nelayan yg ingin budidaya.  Asalkan kegiatan eksport ilegal dihentikan maka investasi budidaya akan menemukan jalannya sendiri untuk kesejahteraan nelayan pesisir," kata Fahri melalui Twitternya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X