Gandeng Preman Pasar, Polri Gelar Operasi Yustisi Pantau Protokol Kesehatan

- Kamis, 10 September 2020 | 13:28 WIB
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Wakil Ketua Pelaksana II Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) sekaligus Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan pihaknya berencana menggandeng jeger-jeger pasar untuk ikut memantau penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Jeger-jeger yang dimaksud yakni preman-preman pasar.

"Saya ingin menyampaikan bahwa Operasi Yustisi terkait dengan penggunaan masker ini akan nanti terdiri polisi, TNI ada Satpol PP, ada jaksa dan kamtibnya," kata Komjen Gatot di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/9/2020)

Yang membedakan dalam operasi penerapan protokol kesehatan kali ini, Gatot mengatakan pihaknya akan menggandeng jeger-jeger pasar. Jeger yang dimaksud yaitu preman pasar.

"Kalau kemarin itu kan mendisiplinkan, oleh karena itu ada polisi, TNI, Satpol PP ini kita gabungan melibatkan juga jaksa, kamtib kita lakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan akan ada sanksi yang lebih tegas," kata Gatot.

"Kita juga berharap penegak disiplin internal di klaster-klaster pasar. Di situ kan ada jeger-jegernya. Kita harapkan menerapkan disiplin tapi tetap diarahkan oleh TNI-Polri dengan cara-cara humanis. Kalau tidak mampu pendisiplinan itu maka nanti akan kita lakukan dengan Operasi Yustisi itu," sambung Gatot.

Dalam operasi ini, Gatot mengatakan tim gabungan akan bekerja mulai dari pagi, siang hingga malam. Tujuannya untuk semakin mengetatkan penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

"Dilakukan sepanjang hari, ada pagi, siang dan ada beberapa daerah yang menerapkan jam malam. Kita juga operasi pada malam hari. Kita akan koordinasikan dengan Bapak Kapolda, Bapak Kejati ya untuk bisa bergabung dengan sesuai apa yang kita rencanakan," pungkas Gatot.
 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X