Sempat Dikabarkan Hilang, Jack Ma Muncul dalam Video Unggahan Media Pemerintah China

- Rabu, 20 Januari 2021 | 14:45 WIB
Miliarder Jack Ma (REUTERS/Charles Platiau)
Miliarder Jack Ma (REUTERS/Charles Platiau)

Sempat dikabarkan "hilang" selama beberapa minggu, miliarder Jack Ma kini muncul dalam video yang dirilis media pemerintah China, Global Times.

Video yang baru dirilis tersebut menampilkan jack Ma berbicara mengenai program Penghargaan Guru Pedesaan Jack Ma, kepada 100 guru pedesaan di China.

Dilaporkan oleh Business Insider, penghargaan ini diberikan Jack Ma kepada guru-guru yang berprestasi namun tinggal di daerah miskin dan terpencil di China.

"Baru-baru ini, kolega saya dan saya telah belajar dan berpikir. Kami membuat resolusi yang lebih tegas untuk mengabdikan diri pada filantropi pendidikan," kata Jack Ma dalam video tersebut.

"Bekerja keras untuk revitalisasi pedesaan dan kemakmuran bersama adalah tanggung jawab generasi pengusaha kita," lanjutnya.

Namun, belum dipastikan kapan dan dimana video Jack Ma tersebut direkam. Diberitakan sebelumnya, Jack Ma tiba-tiba menghilang sejak melontarkan kritikan terbuka terhadap kebijakan pemerintah China dalam pidatonya.

Dilansir The Sun, Jack Ma tidak terlihat di hadapan publik sejak bulan Oktober lalu. Padahal, Jack Ma yang kaya raya berkat Alibaba, pernah menjadi tokoh favorit pemerintahan komunis China.

Dia juga dikeluarkan sebagai juri di final Africa’s Business Heroes, sebuah ajang untuk pebisnis pemula. Foto Jack Ma dihapus dari halaman panel juri dan tidak muncul dalam video promosi.

Dikutip dari Reuters, Jack Ma pernah mengecam peraturan China yang disebutnya menghambat inovasi. Tak lama, otoritas China kemudian mengumumkan penyelidikan anti-monopoli terhadap perusahaannya.

Jack Ma sempat jadi orang terkaya di China, namun posisinya merosot menjadi orang terkaya nomor empat di China sejak pemerintah memperketat aturan untuk industri teknologi dan keuangan. Kini, total kekayaan Jack Ma diperkirakan sebesar Rp744 triliun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X