Keindahan Alam Suaka Margasatwa Rawa Singkil, Dijuluki Amazon Kedua Indonesia

- Senin, 25 Januari 2021 | 15:34 WIB
Kawasan Rawa Singkil (Istimewa)
Kawasan Rawa Singkil (Istimewa)

Tidak hanya memiliki pesona laut dengan banyaknya pulau-pulau kecil nan cantik, kabupaten Aceh Singkil juga terdapat bentangan rawa yang dihuni satwa dan tumbuhan langka endemik Pulau Sumatera.

Kawasan tersebut adalah Suaka Margasatwa Aceh Singkil. Kawasan ini merupakan hutan rawa gambut di wilayah Aceh yang menjadi bagian Kawasan Ekosistem Leuser.

Berdasarkan surat keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 103/MenLHK-II/2015 disebutkan luas wilayah rawa Singkil seluas 81.338 hektar.

Berbagai jenis hewan seperti, buaya muara dan beragam jenis burung termasuk rangkong serta primata endemik ekosistem Leuser seperti orangutan Sumatera (Pongo abelii) dan monyet kedih (Presbytis thomasi) menjadi satwa penghuni area rawa yang merupakan kawasan suaka margasatwa dengan luas sekitar 82 ribu hektar ini.

-
Berbagai jenis burung ynik terdapat di kawasan Rawa Singkil

 

Selain itu, Rawa Singkil juga menjadi surga bagi tanaman anggrek pensil (vanda hookeriana) dimana tanaman yang memiliki bunga berwarna ungu ini tumbuh subur menghiasi permukaan rawa.

"Kawasan ini juga dijuluki sebagai Amazon kedua Indonesia karena keadaan hutan Rawa Singkil ini masih asri, alami dan sangat luas, dan di dalam hutan ini ada ribuan burung yang tinggal serta banyak jenis satwa liar lainnya," sebut Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Singkil Satiman Berutu kepada Indozone, Senin (25/1/2021).

Satiman menjelaskan, keberadaan Rawa Singkil yang masih asri tidak hanya menjadi penopang keberlangsungan hidup satwa dan fauna langka yang ada didalamnya, melainkan juga menjadi penyangga kehidupan masyarakat yang tinggal disekitar daerah rawa Singkil.

Kekayaan alam yang ada di kawasan Rawa Singkil kerap dimanfaatkan sebagai sumber pencaharian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, baik sebagai bahan konsumsi ataupun untuk dijual.

Selain itu, seiring berjalanya waktu, eksistensi Rawa Singkil kian dikenal berkat keunikan ekosistem yang ada di dalam nya oleh masyarakat luar terutama para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Keadaan ini tentu memberi dampak baik terhadap peningkatan ekonomi masyarakat seperti penjualan sembako masyarakat semakin banyak laku serta jasa transportasi juga semakin lancar, dan jasa pemandu lokal juga semakin baik dan bertambah," terang Satiman

-
Wisatawan menelusuri Rawa Singkil menggunakan berahu mesin

 

Sebagai objek wisata, Rawa Singkil memberi pesona dan pengalaman baru yang jarang ditemui wisatawan.

Berinteraksi dengan alam menyusui perairan sambil menikmati pemandangan hutan gambut yang ditumbuhi berbagai jenis bunga dan tanaman air lainya serta menyaksikan kemunculan satwa liar adalah atraksi menarik yang dapat dinikmati para pengunjung.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X