Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Jaringan Jamaah Islamiyah di Palembang

- Selasa, 1 Desember 2020 | 08:31 WIB
Petugas Densus 88 berjaga di salah satu rumah terduga teroris. (ANTARA/Ariesanto)
Petugas Densus 88 berjaga di salah satu rumah terduga teroris. (ANTARA/Ariesanto)

Detasemen khusus (Densus) 88 Anti-teror menangkap seorang laki-laki terduga teroris berinisial AD (41) di Komplek Perumnas Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Senin (30/11/2020) malam.

"Ya betul seorang laki-laki, Polda Sumsel hanya back up saja, sudah dibawa Densus 88 ke Jakarta," kata Kapolda Sumsel Irjen Eko Hendri seperti dikutip Antara, Selasa (1/12/2020).

Terkait afiliasi jaringan, menurutnya kemungkinan terduga teroris itu masuk jaringan Jamaah Islamiyah (JI) meskipun belum dapat dipastikan keterkaitanya dengan JI di Lampung karena masih dalam pengembangan.

Penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 itu dilakukan dalam dua kali penggeledahan, pertama pada pukul 16.00 WIB dan disusul pada malam hari.

Salah seorang tetangga terduga teroris, Abudrohaman, mengatakan, penggeledahan pertama disangka hanya masalah telepon genggam karena petugas yang datang tidak terlalu banyak.

"Karena rumahnya (terduga) memang ada counter hp," tutur Abdurohman.

Namun pada malam hari, penggeledahan dilakukan petugas berseragam dan bersenjata serta warga tidak diizinkan mendekati tempat kejadian perkara (TKP). Dia pun melihat petugas membawa seseorang dan beberapa bungkusan.

Abdurohman menambahkan, rumah yang digeledah itu ditempati keluarga yang dikenal baik dan tidak memiliki gelagat mencurigakan, sementara anak dan istri terduga tidak ikut dibawa oleh petugas.

"Dia (terduga) sudah lama tinggal di sini dan setahu kami orangnya ramah," pungkas Abdurohman.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X