The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Indonesia-Swedia Sepakati Peluang Bentuk Kerja Sama Vaksin COVID-19
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Photo/Ilustrasi/REUTERS)
News

Indonesia-Swedia Sepakati Peluang Bentuk Kerja Sama Vaksin COVID-19

Jumat, 27 November 2020 23:06 WIB 27 November 2020, 23:06 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Indonesia dan Swedia baru-baru ini menyepakati pandangan untuk membuka peluang kerja sama di bidang kesehatan, khususnya dalam bidang pengembangan vaksin dan obat COVID-19.

Pandangan itu disampaikan oleh duta besar kedua negara, Jumat (27/11/2020) dalam salah satu rangkaian acara peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Swedia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Swedia dan Latvia Kamapradipta Isnomo menyebutkan bahwa ada beberapa area kerja sama bidang kesehatan yang dapat dijajaki lebih lanjut, khususnya terkait penanggulangan pandemi COVID-19.

“Indonesia saat ini mengembangkan vaksin COVID-19 sendiri dan itu jadi peluang kerja sama yang masih terbuka luas untuk lembaga dan universitas dari dua negara untuk berkolaborasi,” sebut Dubes Kamapradipta.

Baca juga: Habib Rizieq Tolak Tes Swab, Bima Arya: Saya Akan Minta Klarifikasi

Selain itu, Duta Besar Swedia untuk Indonesia Marina Berg di kesempatan yang sama juga membahas isu kesehatan. Ia mengatakan bahwa COVID-19 mengingatkan negara-negara di dunia, termasuk Indonesia dan Swedia, bahwa ada kebutuhan untuk bekerja sama menanggulangi pandemi.

“Pandemi ini, yang turut menguji negara kita (Indonesia dan Swedia, red) menunjukkan betapa pentingnya bekerja sama karena tantangan semacam itu (COVID-19, red) harus ditanggulangi lewat kebijakan di tingkat global,” kata Dubes Berg.

Berg juga menyampaikan bahwa Swedia dikenal sebagai salah satu negara yang unggul dalam bidang riset, khususnya yang terkait dalam pemecahan masalah.

“Kami berharap kedepan akan ada banyak kolaborasi yang terbentuk setelah acara ini,” ujar Marina.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US