Mendag Klaim Harga Bahan Pangan Seperti Cabai dan Bawang Mulai Menurun

- Rabu, 7 April 2021 | 13:10 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (photo/ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (photo/ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi menyebut bahwa harga untuk sejumlah bahan panganan pokok masyarakat Indonesia sampai saat ini stabil dan cenderung menurun. Hal itu terlihat dari harga cabai dan bawang yang mengalami penurunan.

Hal ini disampaikan Mendag Lufti setelah meninjau harga dan stok di Pasar Induk Kramat Jati, Rabu,7 April 2021 menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

"Saya sengaja ke pasar Induk Kramat Jati untuk periksa hulunya. Bisa kita lihat tadi semua barang hampir bisa dibilang stabil bahkan menurun," kata dia pagi ini.

Beberapa harga komoditas yang stabil di antaranya bawang merah dan bawang putih. Lutfi menyebut harganya di kisaran 18-21 ribu di bawah Harge Eceran Tertinggi (HET).

"Harga bawang stabil antara Rp18-21 ribu artinya di pasar ritel tambah Rp1.000 masih di bawah HET. Harga bawang putih juga stabil Rp18-21 ribu," papar Lutfi.

Lalu ada cabai merah kriting yang harganya sempat di kisaran Rp100 ribu namun kini turun menjadi Rp70 ribu per kilogram.

"Ketika nanti panen akan turun lagi, begitu juga dengan cabai merah dan cabai merah kriting, jadi saya bisa pastikan puasa Ramadhan tahun ini harga stabil, terjangkau," ucapnya.

Dengan stabilnya harga-harga ini, Lutfi menilai bahwa masyarakat muslim Indonesia bisa dengan tenang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan merayakan Idul Fitri.

"Dengan begini mudah-mudahan puasa kita tahun ini bisa lebih tenang dan lebih baik dan mudah-mudahan supply semua saya jamin dan pastikan barangnya tersedia," tuturnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X