Momen Manganang Tak Kuasa Menahan Tangis usai Nama 'Perkasa' Disematkan Kepadanya

- Jumat, 19 Maret 2021 | 17:30 WIB
Ekspresi dari prajurit TNI AD Serda (K) Aprilia Santini Manganang saat mengikuti sidang penggantian jenis kelamin dan penggantian nama secara virtual Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, di Markas Besar TNI Angkatan Darat, di Jakarta, Jumat (19/3/20
Ekspresi dari prajurit TNI AD Serda (K) Aprilia Santini Manganang saat mengikuti sidang penggantian jenis kelamin dan penggantian nama secara virtual Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, di Markas Besar TNI Angkatan Darat, di Jakarta, Jumat (19/3/20

Momen sidang pergantian jenis kelamin Aprilia Manganang berlangsung mengharukan. Setelah hakum memutuskan dirinya menjadi laki-laki, Manganang tidak bisa menahan tangisnya.

Pada momen tersebut, Manganang juga terlihat memeluk erat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Serda Manganang sempat diminta untuk memberikan pernyataannya usai berganti nama menjadi Aprilio Perkasa.

Namun, Manganang rupanya masih terharu dan tidak bisa menahan tangisnya. Suasana pun berubah menjadi hening. Dia mengatakan bahwa hal ini adalah momen yang ia tunggu-tunggu selama ini.

"Terima kasih, Yang Mulia (hakim PN Tondano), terima kasih. Ini yang saya tunggu selama ini. Puji Tuhan, saya bisa lewati semua," kata Manganang.

Manganang kemudian mengatakan bahwa ia bersyukur bisa melewati semuanya dan akan fokus dengan profesinya sebagai prajurit TNI. Dia ingin mengabdikan diri untuk TNI.

"Saya bersyukur banget bisa lewati ini. Ke depan mungkin saya akan tetap fokus pada profesi saya sebagai prajurit TNI AD. Di mana pun saya ditempatkan," ujarnya.

-
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) memeluk prajurit TNI AD Serda Aprilio Perkasa Manganang (kanan). (ANTARA/M Risyal Hidayat)

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa langsung memindahkan tugas Serda Aprilio Perkasa Manganang alias Lanang usai keputusan persidangan memutuskan mengabulkan permohonan pergantian jenis kelamin. Kini, Serda Lanang akan bertugas di lapangan.

"Saya perhatikan dia punya kelebihan. Dia cepat belajar dalam hal-hal praktik atau lapangan. Misal olahraga, dia olahraga apa saja cepat bisa dan cepat jago, itu kelebihan," kata Andika kepada wartawan di Mabes TNI AD, Jumat (19/3/2021).

Andika menyebut sebetulnya saat Lanang bergabung ke TNI AD, Lanang bertugas sebagai sebagai ajudan. Lanang sendiri bergabung ke TNI karena prestasinya dalam dunia olahraga voli.

"Setelah dia lulus Bintara Angkatan Darat, dia langsung diarahkan kejuruan Ajudan Jenderal yang pekerjaannya lebih banyak administrasi," beber Andika.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X