Tak Cuma McDonalds, Sarinah Bakal Tutup 33 Gerai Lain Selama Renovasi Gedung

- Minggu, 10 Mei 2020 | 14:23 WIB
Gedung Sarinah Thamrin (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Gedung Sarinah Thamrin (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Renovasi yang akan dilakukan pihak manajemen gedung Sarinah Thamrin, tak hanya berdampak pada penutupan McDonalds. Ada puluhan gerai lain yang juga terpaksa ditutup. 

Sebagai bagian dari upaya transformasi bisnis, PT Sarinah (Persero) sebagai pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia akan menutup gerai-gerai yang ada di dalamnya, termasuk McDonalds Indonesia dan 33 gerai lainnya.

"Sebagai bagian dari transformasi Sarinah yang juga melibatkan renovasi gedung, ada 34 tenant yang lokasinya termasuk direnovasi," kata Direktur PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati kepada Antara di Jakarta, Minggu, seperti dikutip Antara. 

Fetty menjelaskan bahwa Sarinah yang didirikan sejak 1962 dan beroperasi tahun 1966 tersebut melakukan transformasi dengan tetap menjaga keutuhan warisan para pendiri bangsa namun dengan kemasan dan eksistensi kekinian dan yang menjanjikan pertumbuhan usaha berkelanjutan di masa depan.

Gedung yang telah berusia lebih dari setengah abad ini, kata Fetty, memang sudah saatnya direnovasi untuk menjaga kekokohan struktur dengan mempertimbangkan Golden Rule terkait dengan Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup. Sebenarnya rencana renovasi sudah lama dicanangkan namun baru saat ini mulai digulirkan.

Rencananya, renovasi gedung Sarinah akan dimulai pada bulan Juni 2020, namun karena belum redanya pandemi COVID-19, pekerjaan renovasi dimulai dengan pekerjaan desain, arsitektur, pemetaan, audit teknis dan lain-lain yang tidak menimbulkan kerumuman (crowd). Kemudian baru dilanjutkan dengan konstruksi fisik.

"Kondisi yang sedang kita hadapi saat ini dimanfaatkan PT Sarinah (Persero) untuk kegiatan perancangan tersebut. Diharapkan jika wabah usai maka pekerjaan konstruksi bisa segera dimulai secara bertahap," kata Fetty.

Sarinah pun akan mengumumkan terkait peta arah dan cetak biru transformasi perusahaan.

"Sebagai dampak renovasi ini dan dalam menjaga Golden Rule, maka secara fisik gedung harus dikosongkan dan pembongkaran gerai-gerai penyewa juga perlu dilakukan," kata Fetty.

Rincian seluruh gerai yang akan ditutup di Sarinah untuk direnovasi, yakni:

  1. Telekomunikasi ada 1 tenant;
  2. Restaurant, Food and Beverages ada 13 tenant;
  3. Bank/ATM ada 10 tenant;
  4. Money Changer ada 1 tenant;
  5. Salon 2 tenant;
  6. Tailor 1 tenant;
  7. Supermarket dan minimarket 2 tenant;
  8. Airline tiket 1 tenant;
  9. Refleksi 1 tenant;
  10. Entertainment 2 tenant.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X