Virus Corona di Indonesia, Pemerintah Diminta Bentuk Gugus Tugas

- Rabu, 4 Maret 2020 | 20:17 WIB
Ambulans yang mengantar sejumlah orang yang kontak langsung dengan pasien positif virus corona. (INDOZONE/Arya Manggala)
Ambulans yang mengantar sejumlah orang yang kontak langsung dengan pasien positif virus corona. (INDOZONE/Arya Manggala)

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Mardani Ali Sera, mendesak pemerintah untuk segera membentuk gugus tugas menyeluruh guna menangani dan mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia.

"Bentuk gugus tugas dan bangun komunikasi dengan mitra di luar negeri, termasuk kerja sama antar parlemen untuk meminimalkan kasus Covid-19," kata Mardani saat dikonfirmasi Indozone, Rabu (4/3/2020). 

Mardani juga mengatakan, gugus tugas itu harus melibatkan pakar, akademisi, termasuk Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri untuk hubungan di dalam dan luar negeri.

"Penanganan yang amatir akan sangat membahayakan masyarakat dan membuat wibawa bangsa kita dipandang rendah," tuturnya.

Terkait dengan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa sudah ada dua warga negara Indonesia yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, Mardani mengatakan pengumuman tersebut jangan hanya disampaikan karena ada desakan publik.

"Transparansi dan sinergi menjadi kata kunci. Semua harus berbasis fakta yang dikawal secara akurat," tegasnya. 

Ia menambahkan, masyarakat memiliki hak untuk mempertanyakan upaya pemerintah dalam menangani Covid-19, termasuk yang sedang menjadi perbincangan di media sosial, tentang penanganan terhadap warga negara Indonesia yang baru pulang dari luar negeri.

"Kejadian di bandara seperti yang beredar di media sosial memang ada yang terjadi. Hak masyarakat mempertanyakan. Penanganan pemerintah harus super serius karena dalam era keterbukaan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X