Kemendagri Sebut 14 Ribu Desa di Indonesia Teraliri Listrik

- Selasa, 19 November 2019 | 18:55 WIB
(Photo/ANTARA FOTO/FB Anggoro)
(Photo/ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat sebanyak 14 ribu desa di Indonesia belum menikmati aliran listrik. Tidak hanya itu, sebanyak 10 ribu desa juga sama sekali tidak memiliki kantor untuk melakukan aktivitas.

"Kalau di desa, semua bertumpu kepada kondisi pemerintahan desa yang beragam," kata Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kemendagri Benny Irwan dalam Forum Merdeka Barat di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, listrik menjadi salah satu infrastruktur yang mendukung kepentingan utama masyarakat termasuk jalannya pemerintahan desa.

Selain itu, ternyata sebanyak 18 Kementerian dan Lembaga secara rutin melakukan aktivitas langsung dengan desa. Namun kondisi kekurangan ini belum dapat terselesaikan.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan rasio elektrifikasi mencapai 99,90 persen bagi rumah tangga pada 2019.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana di Jakarta, Kamis (24/10) mengatakan hingga kuartal ketiga 2019 elektrifikasi baru mencapai 98,86 persen atau sebanyak 68.037.004 unit rumah tangga.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X