Utang Bikin Cadangan Devisa Indonesia Meningkat
Petugas menata tumpukan uang rupiah di Cash Center Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (3/10/2019).(ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww).
News

Utang Bikin Cadangan Devisa Indonesia Meningkat

Semakin tinggi dong, utang Indonesia?

alwan
Jumat, 08 November 2019 09:18 WIB 08 November 2019, 09:18 WIB

INDOZONE.ID - Bank Indonesia catatkan, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Oktober 2019, sebesar US$126,7 miliar, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir September 2019 sebesar US$124,3 miliar.

Dalam keterangannya, Bank Indonesia menyebutkan, peningkatan cadangan devisa pada Oktober 2019, dipengaruhi oleh penerbitan global bond pemerintah, penerimaan devisa migas, dan penerimaan valas lainnya.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,4 bulan impor atau 7,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko.

Ia menegaskan, dengan cadangan devisa tersebut, mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dalam negeri. 

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik,"

Sebelumnya, Bank Indonesia memandang kinerja perekonomian Indonesia pada triwulan III 2019, tetap positif di tengah kondisi perekonomian global yang kurang menguntungkan. 

"Koordinasi Bank Indonesia dengan Pemerintah dan otoritas terkait terus diperkuat guna mempertahankan stabilitas ekonomi, mendorong permintaan domestik, serta meningkatkan ekspor, pariwisata, dan aliran masuk modal asing, termasuk Penanaman Modal Asing," ujarnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
alwan
alwan

Alwan

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU