6 Arsitektur Rumah Terpopuler di Indonesia

- Jumat, 5 Juli 2019 | 15:44 WIB
Dick Clark + Associates dan Vinson Radke Homes / Paul Bardagjy
Dick Clark + Associates dan Vinson Radke Homes / Paul Bardagjy

Banyak orang mendambakan rumah dengan desain unik. Tak jarang, orang-orang mulai mencari inspirasi desain rumah melalui website, majalah, televisi, atau bahkan langsung bertanya dengan arsitek terkenal.

Ada beberapa desain rumah yang saat ini sedang populer. Di Indonesia sendiri misalnya, rumah bergaya minimalis modern adalah yang sedang diminati banyak orang saat ini. Tapi tentunya bukan cuma itu saja, ada banyak tren arsitektur rumah di Indonesia, seperti berikut ini:

1. Gaya Kolonial

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by CASA Indonesia (@casaindonesia) on

Arsitektur rumah di Indonesia memang tidak terlepas dari sejarah seperti desain rumah yang satu ini yang terinspirasi dari zaman kolonial Belanda. Biasanya rumah bergaya kolonial ini sering dijumpai di gedung-gedung bersejarah. Furnitur rumah pun identik dengan pilar dan detail kusen jendela yang khas. Salah satu gedung dengan gaya kolonial adalah Istana Negara di Jakarta Pusat.

2. Gaya Bohemian

-
eurlturquetbatiment.com

Makna kata bohemian adalah orang yang hidup bebas seperti halnya seniman dan pujangga. Desain rumah bergaya bohemian sering digunakan orang untuk memberi kesan rumah yang nyaman dan artistik. Bahan-bahan di dalam rumah cenderung dibuat dari tekstil, kayu, kulit hewan, dan aksen metalik dengan dibubuhi warna-warni cerah dan santai.

3. Gaya Tropikal

-
chriscloutdesign.com

Sebagai salah satu negara tropis, wajar saja kalau di Indonesia ada juga rumah yang sengaja didesain dengan gaya tropikal. Desain rumah ini mengutamakan kesan natural dan hangat. Biasanya rumah tropikal ini dikombinasikan dengan pepohonan atau tanaman, serta jendela besar terbuka.

4. Gaya Kontemporer

-
Instagram/@leclairdecor

Gaya kontemporer adalah kombinasi desain rumah dengan dua konsep yaitu masa kini dan masa depan. Ciri rumah bergaya kontemporer mulai dari pilihan warna yang netral seperti hitam, putih, atau abu-abu. Biasanya desain kontemporer ini fokus pada ramah lingkungan dan hemat energi. Penggunaan bahan-bahan alami dan tanaman hias juga menghiasi rumah kontemporer ini.

5. Gaya Industrial

-
Confettistyle

Rumah bergaya industrial ini biasa dihiasi dengan barang dan properti industri yang terbuat dari kayu lapuk, beton, batu bata, dan logam. Ada pula dinding bata ekspos, struktur pipa-pipa air, dan lampu laboratorium yang tergantung. Pencahayaan di dalam rumah ini pun sengaja dibuat terbuka.

6. Gaya Art Deco

-
Brooke Aitken Design / hometolove

Desain rumah Art Deco berkaca dari gerakan modernisme, di mana nilai seni bangunan ini mengarah kepada arsitektur klasik berbentuk sederhana dan bebas. Ciri khas model ini adalah geometris murni dengan empat klasifikasi yaitu floral deco, streamline deco, zigzag deco, dan neo-classical deco. Di Indonesia sendiri menerapkan dua deco yaitu floral deco dan streamline deco.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X