Tahun Depan, Malaysia Berlakukan Larangan Merokok di Restoran dan Kedai Kopiphoto/ilustrasi/liveinternet.ru

Tahun Depan, Malaysia Berlakukan Larangan Merokok di Restoran dan Kedai Kopi

Juga untuk melindungi orang-orang yang tidak merokok...

INDOZONE.ID - Pada tahun depan, tepatnya mulai 1 Januari 2019 Pemerintah Malaysia akan memberlakukan larangan merokok di seluruh restoran, kedai kopi, dan warung makan di seluruh wilayah Negeri Jiran.

Berdasarkan informasi, keputusan itu disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Lee Boon Chye pada Rabu (11/10). Ia pun memastikan, pelarangan ini berlangsung menyeluruh dan tanpa pengecualian. Ini artinya, seluruh bagian di restoran, warung makan, dan kedai kopi, baik itu di dalam ruangan atau di ruangan terbuka, harus memberlakukan larangan merokok.

Selain itu, Lee juga menyampaikan keputusan larangan itu saat memimpin pertemuan Asian Institute of Medical, Science and Technology di Kedah. Ia juga menegaskan bahwa setiap warga asing atau lokal yang melanggar aturan akan didenda sebesar 10 ribu Ringgit Malaysia atau setara Rp 36,7 juta.

Sedangkan untuk pihak restoran, warung makan, dan kedai kopi yang tidak memberlakukan aturan akan didenda 2.500 Ringgit Malaysia atau sebesar Rp 9,1 juta.

"Perokok selalu berkata mereka punya hak untuk merokok, tapi yang tidak merokok mereka juga punya hak untuk mempunyai daerah bebas asap rokok," sebut Lee sebagaimana dilansir dari Strait Times.

Peratuan ini dibuat bukan cuma supaya bisa membuat para perokok menghentikan kebiasaannya. Namun juga untuk melindungi orang-orang tidak merekok dari bahaya asap rokok.