Sudah Dipenjara Selama 23 Tahun, Ternyata Pria Ini Tak BersalahShanghaiist

Sudah Dipenjara Selama 23 Tahun, Ternyata Pria Ini Tak Bersalah

INDOZONE.ID - 23 tahun yang lalu, seorang pria China yang bernama Jin Zhehong divonis hukuman mati karena dinilai telah membunuh seorang wanita. Kasus ini terjadi pada tahun 1995.

Pengadilan menyebut bahwa Jin memberikan tumpangan pada wanita itu dengan motornya, lalu membunuh dan membuang jasadnya. Namun, setelah mendekam selama 23 tahun di penjara dan menjalani 4 kali pengadilan ulang, Jin dinyatakan tidak bersalah.

Di usianya yang kini sudah mencapai 50 tahun, Jin divonis bebas. Pengadilan terakhir menyatakan bahwa bukti dan fakta yang ada tidak cukup membuktikan bahwa Jin melakukan pembunuhan tersebut. Bukti hanya pengakuan lisan dari Jin. Itupun terpaksa dia ucapkan karena disika oleh polisi di penjara.

Pengacara Jin, Li Jinxing juga mengatakan bukti-bukti yang ada bertentangan dengan kondisi Jin. Misalnya, di dada korban ada bekas sundutan rokok, sementara Jin tidak merokok sama sekali. DNA Jin juga tidak ditemukan di TKP.

Kini, setelah bebas dari penjara Jin mengatakan keinginan pertamanya adalah berziarah ke makam orangtuanya. "Ketika ini terjadi, saya berkata kepada diri sendiri: 'Selama saya masih hidup, saya masih bisa meluruskan semuanya, saya tidak membunuh siapa pun."