Studi: Suka Ngomong Sendiri, Bukan Berarti Gilaphoto/Ilustrasi/Bonobology

Studi: Suka Ngomong Sendiri, Bukan Berarti Gila

INDOZONE.ID - Sejumlah orang pasti ada yang pernah berbicara kepada diri sendiri. Biasanya mereka akan melihat dirinya di kaca dan melampiaskan semua unek-unek yang mau disampaikan. Meskipun akan terlihat aneh menurut pandangan orang lain, namun ini bukan gangguan jiwa kok. Karena ada penelitian terbaru menemukan bahwa kemungkinan besar kamu seorang yang jenius.

1. Otakmu bekerja lebih efisien

Pada sebuah eksperimen yang dilakukan oleh LiveScience, membicarakan sesuatu dengan keras kepada diri sendiri benar-benar ternayta bisa memperkuat pikiranmu tentang apa yang sedang kamu lakukan (atau informasi apa yang sedang kamu dapatkan) dan membuatnya lebih mudah dipahami oleh tubuhmu.

2. Sebagai seorang anak-anak, kamu akan belajar dengan lebih baik

Untuk bayi dan balita perlu mendengar suara mereka saat tumbuh beranjak dewasa. Karena menurut para peneliti, pidato mandiri dapat membantu menuntun perilaku anak-anak. Dengan sering berbicara pada diri sendiri, maka selangkah demi selangkah mereka bisa melalui tugas yang harus mereka selesaikan. Dengan berbicara keras kepada dirimu sendiri sebagai seorang anak muda, kamu bisa menyuarakan tujuanmu dan menjadi lebih mahir dalam suatu hal.

3. Bisa membantumu mengatur pikiranmu

Saat berbicara kepada diri sendiri akan membantumu dalam memvalidasi keputusan penting, menurut psikolog Linda Sapadin. Dengan berbicara keras, kamu secara vokal memprioritaskan tugas dan mengatur ulang pikiranmu. Mendengar masalahmu sendiri dengan disuarakan juga bakal menenangkan syarafmu, bukan sekedar lewat di kepalamu sebagai beban.