Kemendikbud Anggarkan Dana Rp5 Miliar untuk Kegiatan WCP

- Senin, 11 Mei 2020 | 20:23 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Photo/Dok. Kemendikbud)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Photo/Dok. Kemendikbud)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menganggarkan dana sebanyak Rp5 miliar untuk menyelenggarakan kegiatan tahunan "World Class Profesor" (WCP).

Direktur Sumber Daya Kemendikbud, Dr Mohammad Sofwan Effendi, dalam telekonferensi mengatakan bahwa pelaksanaan WCP sepanjang 2017 hingga 2019 telah menghasilkan 379 publikasi bersama dengan dosen-dosen di Indonesia.

"Tahun ini anggaran untuk WCP hanya sekitar Rp5 miliar. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang anggarannya di atas Rp10 miliar," ujar Sofwan.

WCP adalah sebuah program yang mengundang profesor kelas dunia dari berbagai perguruan tinggi ternama untuk ditempatkan berbagai perguruan tinggi di Tanah Air. Selain itu, program tersebut juga akan menyiapkan sumber daya manusia untuk mendapatkan akreditasi internasional.

"Program ini dimaksudkan agar dosen hingga peneliti bisa berinteraksi dengan profesor ternama dunia, sehingga bisa meningkatkan kehidupan akademis, kompetensi, kuantitas dan kontribusinya bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi nasional," tambahnya.

"Untuk tahun ini, WCP akan diselenggarakan pada November 2020," terang Sofwan.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X