Sejumlah Warga Solo Keberatan dengan Pencalonan Gibran di Pilkada 2020

- Rabu, 11 Desember 2019 | 12:34 WIB
Antara/Bambang Dwi Marwoto/Aprilio Akbar
Antara/Bambang Dwi Marwoto/Aprilio Akbar

Sejumlah warga yang tergabung di Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu (PWSPP) menyebutkan keberatan atas pencalonan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam Pilkada Kota Surakarta 2020.

"Kami mengajukan surat keberatan kepada partai politik atas pencalonan Gibran dalam Pilkada Kota Surakarta 2020," ujar Ketua PWSPP, Johan Syafaat Mahanani pada Selasa (10/12).

-
Antara/Bambang Dwi Marwoto

Atas dasar hak memilih dan dipilih, pihaknya menyatakan keberatan dengan alasan diduga Gibran tidak menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Wali Kota Surakarta pada tahun 2015.

"Kami keberatan atas rencana Gibran yang hanya meminta hak dipilih, sementara dia tidak mau menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Surakarta 2015," ujar Johan Syafaat.

Pihaknya keberatan Gibran maju di Pilwakot Solo karena persoalan etika berpolitik. Dimana pada Pemilihan Wali Kota Surakarta 2015, yang bersangkutan tidak memberikan hak suaranya. Berdasarkan informasi yang didapat, saat itu Gibran sedang berada di luar Kota Solo.

Menurut Johan, jika orang yang tidak memilih diberikan kesempatan untuk dipilih, maka bisa menjadi contoh generasi muda untuk bersikap egois hanya mementingkan kepentingan sendiri.

"Keberatan ini, sebagai bentuk pendidikan politik bagi masyarakat agar di kemudian hari orang yang tidak menggunakan hak memilih tidak menuntut haknya untuk dipilih," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X