Gagal Evakuasi Buaya Berkalung Ban, Pakar Australia Pulang Kampung

- Rabu, 19 Februari 2020 | 10:17 WIB
Kiri: Buaya berkalung ban. Kanan: Matt Wright (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Kiri: Buaya berkalung ban. Kanan: Matt Wright (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Matt Wright menghentikan sementara operasi penyelamatan buaya berkalung ban di Sungai Palu, karena masa tinggalnya di Indonesia sudah habis.

Tak hanya itu, pemberhentian sementara operasi penyelamatan ini juga bertujuan untuk mengembalikan perilaku normal hewan ganas tersebut.

-
Buaya berkalung ban di Sungai Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Matt khawatir, jika terus diburu, maka buaya itu akan semakin agresif. Ia menjelaskan, selama proses penyelamatan yang dipimpin oleh BKSDA, perilaku buaya berkalung ban itu berbeda dengan buaya lainnya.

"Dia (buaya berkalung ban) menjadi lebih sensitif, ini tidak baik, bukan perilaku biasanya. Jadi saya pikir lebih baik memberikan waktu untuk dia pulih," ujar Matt.

Pria yang kini berusia 39 tahun itu mengatakan, ban yang menjerat leher buaya itu tak akan mengganggu kesehatannya. Petugas penyelamat hanya perlu mengamati dan membuat strategi menangkap buaya tersebut.

-
Proses evakuasi buaya berkalung ban (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

"Dia (buaya berkalung ban) adalah yang terbesar di Sungai ini dan masih sehat. Di Australia saya akan coba meneliti untuk menentukan strategi yang lebih baik," ungkap Matt.

Sebelumnya, Matt bersama dengan petugas gabungan berusaha untuk menangkap buaya berkalung ban tersebut, namun usaha tersebut belum berhasil.

-
Matthew Nicolas Wright (kiri) dan Chris Wilson (kanan) memantau lokasi kemunculan buaya berkalung ban (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Matt mengaku bahwa penangkapan buaya berkalung ban ini adalah tantangan untuknya. Ia ingin mencoba segala usaha agar permasalahan ini dapat terselesaikan.

"Saya telah berkolaborasi dengan orang-orang hebat: BKSDA dan Polair. Ini akan menjadi tantangan dalam misi ini. Kami suka tantangan," tutur Matt.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X