Wapres Masih Pertimbangkan Terkait Pemulangan Anak WNI Eks ISIS

- Kamis, 20 Februari 2020 | 00:02 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin saat berada di di Pendopo Bupati Lebak, Banten, Kamis (30/1/2020). photo/ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Wakil Presiden Maruf Amin saat berada di di Pendopo Bupati Lebak, Banten, Kamis (30/1/2020). photo/ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Terkait kebijakan memulangkan anak-anak WNI eks ISIS yang usianya masih di bawah 10 tahun, Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin menegaskan pemerintah masih mempertimbangkan hal tersebut.

"Soal kepulangan anak WNI eks ISIS masih dipertimbangkan," ujarnya seusai mengisi kuliah umum dengan tema "Penangkalan Faham Radikalisme" di Universitas Mataram (Unram) di Kota Mataram, NTB, Rabu (19/2) dikutip dari Antara.

Menurutnya, sebelum membuat sebuah keputusan apakah memulangkan atau tidak, tentu pemerintah perlu pertimbangan. Sebab, jangan sampai ketika anak tersebut besar mempunyai memori yang dikhawatirkan masih memiliki pengaruh terhadap faham radikal dan terorisme.

"Makanya masih dipertimbangkan, jangan sampai dari sisi manusianya mempunyai memori yang dikhawatirkan sampai besarnya masih memberi pengaruh terhadap faham radikal dan terorisme," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan pemerintah sudah memutuskan untuk tidak memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang terlibat jaringan terorisme di luar negeri, termasuk jaringan ISIS.

Mahfud, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa, menjelaskan keputusan tersebut karena pemerintah ingin memberi rasa aman kepada 267 juta rakyat Indonesia di Tanah Air dari ancaman tindak terorisme.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X