Menteri Tjahjo: Kami Terus Memantau Kondisi di Papua

- Kamis, 29 Agustus 2019 | 18:13 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Aji Styawan)
(photo/ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan kondisi di Papua melalui tim khusus dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah. Menurut Tjahjo, pelayanan masyarakat semua jalan terus.

"Kami, tim otda kami, terus memonitor pemda setempat. Semua jalan terus, tidak ada masalah. Kalau pelayanan masyarakat semua jalan terus, clear," kata Mendagri usai mengikuti rapat internal tentang RUU Pertanahan di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis.

Mengenai aksi penyemapaian pendapat, Mendagri mengimbau semua masyarakat di Papua agar melaksanakan dengan tertib dan tak provokatif sampai kepada pengibaran bendera lain selain Merah-Putih.

"Soal (penyampaian) aspirasi, asal tidak anarkis, tidak mengibarkan bendera, silakan saja. Kita dengarkan, tapi jangan terus bicara yang menyimpang dari pokok masalah," tegasnya.

Dilansir Antara, aksi unjuk rasa menolak rasisme di Papua berimbas pada pembakaran Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) di Kotaraja, Distrik Abepura, Kamis.

Selain itu, aksi massa juga terjadi di Kawasan Expo, Wamena, Jayapura, dimana polisi sempat melemparkan tembakan gas air mata karena peserta aksi tidak terkendali.

Dampak dari demonstrasi juga menyebabkan sejumlah pusat perbelanjaan dan perkantoran di Distrik Abepura tutup sejak Kamis pagi, antara lain Saga dan Mega Abepura, Kantor Distrik Abepura, BPS Kota Jayapura serta Kanwil Kantor Pos Maluku dan Papua.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X