Nggak Slalu Untung, Kamu Harus Tau Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

- Sabtu, 31 Agustus 2019 | 15:41 WIB
ilustrasi/pexels
ilustrasi/pexels

Di era digital sekarang ini, banyak orang yang memilih menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit orang-orang akan lebih mudah untuk berbelanja. Selain itu juga , kartu kredit banyak menawarkan promo yang membuat orang-orang semakin tertarik menggunakannya.

-
ilustrasi/pixabay

 

Kehadiran kartu kredit memang memberikan kepraktisan tersendiri. Saat dalam situasi yang darurat dan dan kita tidak punya dana, kita dapat meminjam terlebih dahulu ke bank (kredit) setelah itu dilakukan pembayaran. Tapi taukah kamu dibalik kepraktisan dan keuntungan kartu kredit ada kerugian-kerugian yang bisa ditimbulkan. Mau tau apa saja kerugian yang bisa ditimbulkan dari penggunaan kartu kredit? Yuk simak informasi berikut ini.

1. Boros saat berbelanja

-
ilustrasi/pexels

 

Karena kepraktisannya dan banyaknya promo yang ditawarkan dengan kartu kredit membuat banyak orang terlena dan ingin terus-terusan belanja. Alhasil kebiasaan ini akan membuat hutang semakin menumpuk. Ada baiknya jika kamu bijak dalam menggunakan kartu kredit.

2. Terjadinya penumpukan utang

-
ilustrasi/pexels

 

Sistem yang digunakan saat menggunakan kartu kredit ialah dengan meminjam uang bank, yang artinya sama dengan utang. Setelah asyik berbelanja, sebagian orang biasanya suka menunda-nunda pembayarannya. Kebiasaan menunda pembayaran seperti ini akan membuat utang semakin menumpuk.

3. Pembayaran bunga yang lebih mahal

-
ilustrasi/pexels

 

Biasanya kartu kredit yang ditawarkan oleh bank akan digratiskan biaya bunga di tahun pertama. Pengguna hanya membayar bunga di tahun selanjutnya berdasarkan utang-utang yang ada. Jika dihitung-hitung membayar utang bunga lebih mahal daripada biaya awal pengeluaran.

4. Biaya penarikan tunai mahal

-
ilustrasi/pixabay

 

Penggunaan kartu kredit sama seperti penggunaan kartu debit ATM. Bank akan mengenakan biaya yang cukup tinggi saat pemegang kartu kredit melakukan penarikan uang tunai.

5. Menggunakan kartu kredit dengan cermat

-
ilustrasi/pexels

 

Agar tak mengalami kerugian saat menggunakan kartu kredit, kamu harus bijak dan cermat dalam menggunakannya. Membayar tagihan tepat waktu dan tidak melebihi limit yang diberikan, kartu kredit dapat membawa kemudahan dalam transaksi kebutuhan sehari-hari.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X