Dalam Rangka Keragaman, Biden akan Tunjuk Menkes AS Terbaru dari Keturunan Amerika Latin 

- Selasa, 8 Desember 2020 | 10:45 WIB
Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst).
Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst).

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden diyakini akan menunjuk kepala kejaksaan California, Xavier Becerra, sebagai menteri kesehatan dan layanan kemanusiaan Amerika Serikat yang baru. Hal ini diungkapkan oleh seorang narasumber yang dekat dengan tim transisi pemerintah seperti yang dilansir dari Antara.

Becerra sendiri merupakan seorang warga AS keturunan Amerika Latin yang pernah menjabat sebagai anggota kongres. Terpilihnya Becerra diyakini buah dari desakan masyarakat, utamanya dari Kaukus Bangsa Hispanik, yang meminta Biden menempatkan lebih banyak perwakilan dari bangsa Latin ke dalam kabinetnya.

Becerra akan mengisi posisi menteri kesehatan saat AS menghadapi lonjakan kasus positif Covid-19. Korban jiwa akibat pandemi di AS sejauh ini telah melewati angka 2.000 orang per harinya. Becerra juga akan memimpin kementerian kesehatan saat AS akan memulai vaksinasi Covid-19.

Total korban jiwa akibat Covid-19 di AS saat ini mencapai 281.000 orang, demikian hasil hitungan terbaru Reuters.

Baca Juga: Sebelum Penembakan, FPI Ungkap Rizieq Shihab Dimata-matai 30 Orang dari Institusi Resmi

Sejauh ini, sumber yang mengetahui penunjukan Becerra menolak disebut namanya karena keputusan resmi belum diumumkan oleh Biden.

Biden diyakini akan mengumumkan beberapa nama menterinya sebelum ia resmi menjabat sebagai presiden AS pada 20 Januari 2021. Sejauh ini, Biden telah mengumumkan penasihat keamanannya dan beberapa pejabat di lembaga ekonomi.

Biden terus menjalankan berbagai kegiatan transisi meskipun Presiden Donald Trump menolak hasil pemilihan presiden pada 3 November 2020. Namun, puluhan gugatan yang dilayangkan Trump telah ditolak oleh pengadilan.

Becerra diketahui sebagai sosok yang mendukung Undang-Undang Layanan Kesehatan Terjangkau (ACA), salah satu kebijakan utama Presiden Barack Obama. Kepala kejaksaan California itu berperan penting dalam upaya pengesahan UU ACA saat ia menjabat sebagai anggota kongres. 

Selama ia menjabat sebagai kepala kejaksaan, Becerra juga berupaya mempertahankan UU ACA, atau yang juga dikenal dengan Obamacare,  dari berbagai gugatan hukum di pengadilan, termasuk di antaranya di Mahkamah Agung bulan lalu.

“Biden memenuhi janjinya membentuk kabinet yang menunjukkan keanekaragaman,” kata Wali Kota Long Beach, Robert Garcia. Ia merupakan teman dekat Becerra dan Biden.

Garcia mengatakan Becerra memiliki rekam jejak yang baik di bidang kesehatan.

 “Saya pikir, (penunjukkan dia, red) lebih dari itu. Presiden terpilih memilih seseorang yang punya integritas dan intelektualitas yang tinggi,” kata Garcia.

Biden kemungkinan akan memilih Rochelle Walensky sebagai Kepala Pusat Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, kata narasumber lainnya. Walensky saat ini menjabat sebagai kepala urusan penyakit menular di Rumah Sakit Umum Massachusetts.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X