Mendikbud Nadiem Prioritaskan Vaksinasi Guru Jenjang PAUD dan SD

- Rabu, 24 Februari 2021 | 14:33 WIB
Ilustrasi proses belajar dan mengajar. (ANTARA/HO-Aspri)
Ilustrasi proses belajar dan mengajar. (ANTARA/HO-Aspri)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa prioritas guru yang mendapatkan vaksinasi adalah guru jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD).

“Prioritas vaksin dialokasikan untuk guru yang mengajar jenjang yang lebih muda dahulu. Dari jenjang PAUD, SD dan SLB baru kemudian jenjang SMP, SMA dan perguruan tinggi,” ujar Nadiem dalam peluncuran program vaksinasi untuk guru di SMAN 70 Jakarta, Jakarta, Rabu (24/02), seperti dilansir Antara.

Nadiem mengatakan, hal tersebut dilakukan karena semakin muda peserta didik atau jenjang sekolah, semakin sulit melakukan pendidikan jarak jauh.

"Siswa jenjang PAUD dan SD membutuhkan interaksi fisik dan pembelajaran tatap muka," katanya.

Lewat program vaksinasi bagi guru dan pendidik itu, Nadiem menargetkan pembelajaran tatap muka dapat dimulai pada tahun ajaran 2021/2022, meskipun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, dia menargetkan setidaknya lima juta guru sudah mendapatkan vaksinasi hingga akhir Juni mendatang. Di mana ketentuan distribusi vaksin tersebut mengikuti pola dan distribusi pemerintah pusat yang dikoordinasikan oleh Kementerian Kesehatan. Sementara jumlah keseluruhan guru dan tenaga pendidik di Tanah Air baik swasta maupun negeri sebanyak 5,5 juta orang.

Lebih lanjut, Nadiem berharap program itu adalah angin segar bagi para guru yang sudah menunggu untuk bisa mengakselerasi pembelajaran tatap muka.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X