Bima Arya Tak Terima Bogor Sering Dituduh Penyebab Banjir Jakarta

- Senin, 22 Februari 2021 | 10:34 WIB
Kiri: Banjir Jakarta (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A) / Kanan: Walikota Bogor, Bima Arya (Instagram/bimaaryasugiarto)
Kiri: Banjir Jakarta (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A) / Kanan: Walikota Bogor, Bima Arya (Instagram/bimaaryasugiarto)

Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Bima Arya mengatakan bahwa Bogor kerap kali dituding sebagai penyebab banjir di Jakarta.

Padahal, menurutnya banyak faktor yang menjadi penyebab banjir di ibukota negara.

"Aliran air dari hulu memang menjadi salah satu penyebab banjir di Jakarta, tapi jika tinggi muka air di Bendung Katulampa Siaga 1. Pada Sabtu (20/1) kemarin, tinggi muka air di Bendung Katulampa hanya Siaga 3," kata Bima Arya, dikutip dari Antara, Senin (22/2/2021).

Ketika Bendungan Katulampa masih Siaga 3, sebagian lokasi di Jakarta sudah tergenang banjir. Itu artinya volume air di Jakarta sudah tinggi.

Menurut Bima, air kiriman dari hulu bukan hanya soal Bogor, namun juga harus berbicara mengenai kondisi daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung dari hulu menuju ke hilir di Jakarta.

"Penyebab banjir di Jakarta, di antaranya juga dipengaruhi oleh kondisi DAS Ciliwung ke Jakarta, yang banyak dibangun rumah liar, banyak sampah dan limbah, dan terjadi pendangkalan," katanya.

Bima telah melakukan ekspedisi Ciliwung dari Kota Bogor sampai ke Pintu Air Manggarai di Jakarta, dan telah mengirim surat kepada Gubernur Anies mengenai hasilnya.

"Dalam surat tersebut, kami menyampaikan hasil ekspedisi Ciliwung, yang mengusulkan penanganan DAS Ciliwung tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tapi harus bersama-sama secara komprehensif dan terintegrasi," katanya.

Untuk mengatasi banjir di Jakarta, harus diselesaikan oleh banyak pihak mulai dari hulu sampai hilir, dengan waktu yang tidak sebentar.

"Penanganan persoalan banjir di Jakarta tidak bisa parsial dan temporer saat musim hujan saja," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta, Sabtu (20/2), menyebut, banjir di Jakarta, salah satu penyebabnya adalah limpahan air dari kawasan hulu yakni dari Bogor dan dari kawasan tengah yakni Depok.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X