Juliari Batubara Bantah Perintahkan Anak Buah 'Palak' Rp10 Ribu Per Paket Bansos

- Selasa, 23 Maret 2021 | 10:50 WIB
Sidang kasus Juliari Batubara (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Sidang kasus Juliari Batubara (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Mantan Mensos Juliari P. Batubara membantah memerintahkan anak buahnya mengutip fee Rp10 ribu per paket bansos Covid-19.

"Tidak pernah perintahkan fee Rp10 ribu per paket," kata Juliari di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (22/3/2021).

"Pernah Saudara meminta untuk biaya operasional sembako COVID-19?" tanya jaksa penuntut umum (JPU) KPK M. Nur Azis.

"Tidak pernah," jawab Juliari.

"Pernah dengar surat edaran LKPP Nomor 3 tahun 2020 tentang Penyediaan Barang dan Jasa COVID-19 yang menyebutkan para pihak, termasuk pengguna anggaran (PA), kuasa pengguna anggaran (KPA) dan pejabat pembuat anggaran (PPK) wajib memenuhi etika pengadaan?" tanya jaksa Azis.

"Tidak tahu," jawab Juliari.

Juliari juga mengaku tidak tahu bahwa pejabat pengadaan tidak boleh menjanjikan atau menerima hadiah, komisi, rabat dari seseorang terkait dengan pengadaan barang dan jasa

"Pernah meminta audit BPKP terkait dengan pelaksanaan bansos sembako?" tanya jaksa.

"Yang pernah saya minta adalah pendampingan tetapi ditindaklanjuti oleh BPKP semacam audit. Saya pernah datang ke BPKP bersama Sekjen dan Irjen agar minta dikawal dalam pengadaan bansos karena kami tidak ingin ada masalah dalam pengadaan ini dan BPKP selaku pengawas internal pemerintah melakukan itu hanya saja yang follow up itu dirjen dan sekjen, saya hanya buka jalan," jawab Juliari.

"Pernah terima hasil audit tahap 1 dan 2?" tanya jaksa.

"Belum pernah," jawab Juliari.

"Ada menerima laporan kelebihan pembayaran dan kemahalan harga dari pengadaan bansos?" tanya jaksa.

"Tidak disampaikan secara detail seperti itu dan saya juga tidak terima hard copy-nya, jadi saya tidak mengetahui," ungkap Juliari.

Sebelumnya, Matheus Joko Santoso, mengaku pernah diminta oleh Adi Wahyono untuk mengumpulkan uang Rp35 miliar atas permintaan Juliari Batubara.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X