Sidak Pasar di Bogor, Tim Satgas Pangan Temukan Telur Isi Embrio Anak Ayam

- Minggu, 17 Mei 2020 | 14:26 WIB
Ilustrasi telur ayam (Unsplash/@foodiesfeed)
Ilustrasi telur ayam (Unsplash/@foodiesfeed)

Tim Satuan Petugas (Satgas) Pangan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Bogor dan Pasar Anyar.

Pada saat sidak berlangsung, petugas menemukan adanya pedagang yang menjual telur-telur pecah dan telur yang telah berisi embrio anak ayam atau disebut Hatched Egg (HE).

"Telur HE ini seharusnya tidak boleh diperdagangkan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkot Bogor Anas Rasmana melalui pernyataan tertulis,  Minggu (17/5/2020).

"Telur HE itu bisa berasal dari telur fertil tapi tidak ditetaskan. Telur seperti ini seharusnya tidak dijual untuk telur konsumsi di pasar," jelas Anas.

Terkait temuan itu, Tim Satgas Pangan akan melakukan pendalaman lagi hingga mencari sumber (siapa) yang mendistribusikan telur HE tersebut untuk kemudian dikenakan sanksi.

Di samping itu, Tim Satgas Pangan tidak menemukan adanya daging oplosan yaitu daging murni yang dicampur dengan daging lainnya yang tidak halal.

Ia menjelaskan sidak dilakukan pada dini hari untuk melakukan pengecekan guna menjamin ketersediaan pangan, keamanan pangan, sekaligus kehalalan pangan di Kota Bogor.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X