30 Hari Operasi Ketupat, Polda Metro Tindak 40 Ribu Lebih Kendaraan Pemudik

- Selasa, 26 Mei 2020 | 14:11 WIB
Ilustrasi petugas saat gelaran Operasi Ketupat (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)
Ilustrasi petugas saat gelaran Operasi Ketupat (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)

Operasi Ketupat 2020 di wilayah ibu kota dan sekitarnya sudah berlangsung selama 30 hari. Dari hasil evaluasi Operasi Ketupat, tercatat sudah sebanyak 40 ribu lebih kendaraan pemudik ditindak.

"Sudah 30 hari kita melaksanakan Operasi Ketupat pelarangan mudik. Untuk Polda Metro dari 18 titik penyekatan, 2 di tol dan 16 di arteri itu ada sekitar 40 ribu lebih kendaraan yang diputar balik," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (26/5/2020).

Sambodo mengatakan puncak kenaikan volume kendaraan pemudik ada pada H-4 Llebaran hingga H-2 Lebaran. Dalam satu hari, jumlah kendaraan pemudik pada hari-hari jelang Lebaran mencapai 4 ribu kendaraan.

"Perkembangan pesat terjadi karena memang sesuai perkiraan puncak arus mudik itu ada di H-4, H-3, dan H-2, itu sekitar 4 ribu kendaraan yang kita putar balikkan," jelas Sambodo.

-
Ilustrasi petugas saat gelaran Operasi Ketupat (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)

Pada hari H Lebaran, Sambodo mengatakan sekitar 2 ribu kendaraan diputar balikkan. Dua ribu kendaraan itu ditindak hanya di satu titik yakni di gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

"Selama 2 hari Lebaran ini yakni tanggal 24 dan 25 itu setiap hari rata-rata sekitar 2 ribu yang kita putar balikkan hanya di titik Cikarang Barat saja," kata Sambodo.

Mengenai jumlah travel gelap yang ditindak, selama 30 hari Operasi Ketupat 2020 ini sudah sebanyak 600 travel ditindak polisi. Sebanyak ribuan masyarakat yang hendak ingin mudik berhasil digagalkan oleh polisi.

"Kemudian sampai saat ini travel gelap yang sudah kita amankan kurang lebih 671 travel dengan ribuan penumpang," pungkas Sambodo.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X