Belum Lama Ini Trump Menerima Penghargaan Tertinggi Maroko untuk Pekerjaan Timur Tengah

- Sabtu, 16 Januari 2021 | 10:35 WIB
Donald Trump (REUTERS/Leah Millis)
Donald Trump (REUTERS/Leah Millis)

Jum'at (15/1), Presiden AS Donald Trump menerima penghargaan tertinggi Maroko untuk karyanya dalam memajukan kesepakatan normalisasi antara Israel dan Maroko.

Dilansir dari Reuters, dalam upacara Oval Office pribadi, Putri Lalla Joumala Alaoui, yang merupakan duta besar Maroko untuk Amerika Serikat, memberikan Trump the Order of Muhammad, sebuah penghargaan yang hanya diberikan kepada kepala negara. Itu adalah hadiah dari Raja Maroko, Mohammed VI.

Penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner dan utusan Timur Tengah Avi Berkowitz menerima penghargaan lain untuk pekerjaan mereka dalam kesepakatan Israel-Maroko, yang dicapai pada bulan Desember.

Amerika Serikat dalam lima bulan terakhir membantu memperantarai kesepakatan antara Israel, Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan dan Maroko. Kesepakatan tersebut bertujuan untuk menormalisasi hubungan dan membuka hubungan ekonomi.

Trump yang sudah tidak menjabat sejak Rabu, telah menuai banyak kritikan atas perjanjian Maroko karena untuk menyegel kesepakatan itu, dia setuju bahwa Amerika Serikat akan mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat.

Sahara Barat telah menjadi tempat perselisihan teritorial selama puluhan tahun antara Maroko dan Front Polisario yang didukung Aljazair, sebuah gerakan pemisahan diri yang berupaya mendirikan negara merdeka di wilayah tersebut.

Media tidak diizinkan untuk menyaksikan upacara penghargaan tersebut. Trump sendiri telah membatasi penampilan publiknya sejak kalah dalam pemilihan pada 3 November.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X