Edy Rahmayadi Sebut Tionghoa Sumut 'Makan Aja, Gak Ada Niat Juara', Iwan Kwok: Melecehkan

- Rabu, 16 Desember 2020 | 14:04 WIB
Iwan Kwok tersinggung atas pernyataan Edy Rahmayadi yang sebut Tionghoa Sumut cuma makan. (Instagram)
Iwan Kwok tersinggung atas pernyataan Edy Rahmayadi yang sebut Tionghoa Sumut cuma makan. (Instagram)

Pernyataan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi saat hadir dalam pertemuan pengurus Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) se-Sumut di Hotel Grand Mercure, Medan, Senin (14/12/2020), menuai sorotan.

Dalam pertemuan yang salah satunya membahas persiapan PON 2024 itu, Edy menyinggung perihal pencarian atlet yang ideal untuk diikutkan dalam PON, termasuk ke sekolah etnis Tionghoa.

"Itu orang Tionghoa di China sana juara satu, orang Tionghoa di Sumatera Utara makan aja. Mana ini? Nggak ada niat juara. Ini yang saya ingin ngomong," katanya.

Ucapannya itu lantas membuat sejumlah pihak yang berdarah Tionghoa tersinggung. Salah satunya adalah Wasekjen PB Wushu, Iwan Kwok, yang tak lain adalah kakak kandung mantan atlet wushu putri, Lindswell Kwok.

Melalui Instagram, Iwan menulis surat terbuka untuk Edy terkait pernyataannya tersebut. Menurut Iwan, pernyataan Edy justru terkesan melecehkan.

"Kepada Bapak Gubernur Sumatera Utara yang tercinta. Mungkin maksud Statement Bapak adalah agar lebih memotivasi atlet-atlet dari etnis tionghua agar lebih banyak lagi di Sumatera Utara. Tetapi sangat disayangkan, bahasa yang tersampaikan seolah-olah lebih ke r*s*s dan melecehkan," tulis Iwan, Rabu (16/12/2020). 

-
Tangkapan layar unggahan Iwan Kwok di Instagram.

Berikut surat selengkapnya dari Iwan untuk Edy.

Ataukah Bapak kurang informasi mengenai siapa para juara di PON. SEA Games dan Asian Games, banyak yang berasal dari etnis Tionghua di Sumatera Utara. Mungkin karena kesibukan Bapak sehingga belum sempat Bapak perhatikan dan bantu untuk mencapai prestasi tertingginya.

Tetapi KONI Sumut sangat tahu akan hal ini. ada baiknya Bapak mencari informasi olahraga Sumatera Utara yang lebih akurat dari KONI Sumut. Siapa saja atlet dan pembina yang berasal dari Etnis Tionghua yang sudah banyak berkorban tenaga dan materi. Kami akan sangat bangga dan berbesar hati jika mendapatkan perhatian dan dukungan Bapak dalam perjuangan kami mengharumkan Nama Daerah dan Bangsa tercinta.

Mungkin karena Bapak baru kembali ke Sumatera Utara karena tugas negara. Sehingga Bapak tidak tahu akan hal ini. Kami memaklumi ini. Semoga ke depan semakin banyak atlet dan pembina yang berasal dari etnis Tionghua yang mengharumkan nama Sumatera Utara yang tentunya juga sangat mengharapkan bantuan. Dukungan dan perhatian dari Bapak.

Salam Olahraga...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Iwan Kwok (@iwankwok)

Lindswell Tersinggung

Tak cuma Iwan, sang adik Lindswell Kwok juga tersinggung atas pernyataan Edy. 

"Kepada Bapak Gubernur Sumut yang terhormat. Kalau kata-katanya diganti menjadi ingin lebih banyak atlet keturunan Tionghoa yang turun di PON mungkin lebih pantas ya pak," tulis Lindswell di Instastory, seperti yang dikutip INDOZONE, Rabu (16/12/2020).

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X