Arteria Dahlan: Tidak Benar Saya Cucu Tokoh PKI

- Rabu, 9 September 2020 | 16:35 WIB
Politikus PDIP, Arteria Dahlan. (ANTARA/Reno Esnir)
Politikus PDIP, Arteria Dahlan. (ANTARA/Reno Esnir)

Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan membantah bahwa dirinya merupakan cucu dari seorang tokoh PKI. Ia menegaskan kalau sang kakek bukan pendiri PKI dari Sumatera Barat.

"Tidak benar saya cucu seorang tokoh PKI," ucap Arteria kepada Indozone, Rabu (9/9/2020).

Arteria membenarkan jikalau terdapat tokoh PKI dari Sumatera Barat yang bernama Bakhtarudin seperti yang disebutkan oleh Budayawan Sumbar Hasril Chaniago.

Kendati demikian, anggota Komisi III DPR ini menegaskan bahwa tokoh bernama Bakhtarudin tidak ada kaitannya dengan kakek dan nenek dari pihak ayahnya, maupun dari ibundanya.

"Memang ada tokoh PKI dari Maninjau bernama Bakhtarudin. Tidak ada hubungan kekeluargaan antara Bakhtarudin dengan kakek dan nenek saya, baik dari pihak ayah maupun ibu," terangnya.

Arteria pun menerangkan kalau nama kakek dari pihak ayahnya adalah H Dahlan bin Ali. Sedangkan nama kakek dari pihak ibundanya adalah H Wahab Syarif.

Sekadar diketahui, budayawan Sumbar Hasril Chaniago awalnya menyinggung soal kakek Arteria Dahlan bernama Bachtarudin dalam sebuah diskusi. Ia menjelaskan dalam konteks memaparkan demokrasi masyarakat Minangkabau, bahkan dalam lingkup keluarga.

"Jadi ada satu keluarga di Maninjau itu, di situ ada Rasuna Said pahlawan nasional itu Masyumi, kemudian ada namanya Bachtarudin, masih sepupu sama dia (Rasuna Said). Dia (Bachtarudin) itu pendiri PKI (di Sumbar). Jadi, bagi orang Minang, berbeda aliran politik itu biasa," kata Hasril.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X