Australia Hapus Aturan Social Distancing, Roda Ekonomi Menuju Normal

- Senin, 1 Juni 2020 | 11:40 WIB
Ilustrasi restoran di Australia (REUTERS)
Ilustrasi restoran di Australia (REUTERS)

Sejumlah negara bagian Australia menghapus arahan social distancing pada hari ini, Senin (1/6/2020). Restoran yang buka diperbolehkan menampung lebih banyak pengunjung. 

Tempat dan fasilitas umum juga kembali normal. Misalnya di Canberra, warga setempat bisa kembali menghidupkan roda perekonomian menuju normal akibat pandemi covid-19

Sebagaimana dikutip Channel News Asia, Australia mencatat 7.200 kasus dan 103 kematian. Penularan infeksi baru juga bisa dikendalikan dan penghapusan jarak sosial berskala besar rencananya diterapkan pada Juli 2020. 

Khususnya di New South Wales negara bagian yang paling padat penduduknya, saat ini restoran dan kafe diizinkan melayani 50 pengunjung yang datang. Sementara 20 orang diizinkan untuk menghadiri upacara pemakaman. Sebelum itu, hanya 10 orang yang bisa berkumpul dalam satu kelompok.

Tempat wisata seperti Kebun Binatang Taronga Sydney, galeri seni, museum serta perpustakaan juga diperbolehkan beroperasi.

Sementara itu, negara bagian Victoria menjadi negara yang paling hati-hati dalam mengambil keputusan terkait penghapusan social distancing. Kelompok yang diperbolehkan untuk berkumpul di kafe atau restoran dibatasi maksimal 20 orang. 

"Sebagian besar negara bagian keluar dari krisis covid-19," ujar Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X